Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. Sumadi M. Si
dc.contributor.authorAzifa Lillah
dc.date.accessioned2021-09-02T04:03:49Z
dc.date.available2021-09-02T04:03:49Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32156
dc.description.abstractPenelitian ini berjudul “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Batik Feno di Pekalongan” yang bertujuan untuk mengetahui berapa besar tingkat kepuasan konsumen terhadap BATIK FENO, dan untuk mengetahui dimensi apakah yang paling tinggi dalam membentuk kepuasan konsumen. Jenis penelitian ini adalah survey yang dilakukan pada perusahaan batik, yaitu BATIK FENO yang beralamat di Jl. Hayam Wuruk Pesindon 2/7 Pekalongan 51113. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen BATIK FENO di Pekalongan. Sampel penelitian ini adalah 100 konsumen yang dianggap telah cukup mewakili populasi yang diteliti. Teknik penarikan sampel menggunakan “accidental sampling”, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan dengan mengambil responden yang kebetulan ada, dalam arti siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang yang ditemui itu cocok sebagai sumber data. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tingkat kesesuaian, dan analisis diagram kartesius, terhadap lima driver kepuasan pelanggan yang terdiri dari produk, harga, faktor emosional, kemudahan, dan kualitas jasa. Berdasarkan hasil penelitian, analisis kesesuaian kepuasan menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen belum merasa puas terhadap faktor penggerak yang diberikan oleh BATIK FENO di Pekalongan. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata kesesuaian adalah sebesar 86,2%. Namun demikian nilai masih diatas 50%, sehingga dapat dinyatakan bahwa kepuasan konsumen BATIK FENO di Pekalongan termasuk dalam kriteria yang sedang. Sedangkan kepuasan tertinggi yang dirasakan konsumen pada BATIK FENO terjadi pada atribut pelayanan yang sopan dengan tingkat kesesuaian sebesar 112,1%. Atribut-atribut yang menjadi prioritas sebagai faktor penggarak kepuasan adalah produk yang kurang berkualitas, harga yang belum sesuai dengan kebutuhan pelanggan, produk batik yang belum membanggakan, lokasi yang sulit dijangkau, tempat parkir yang kurang memadai, kurangnya interior di BATIK FENO, fasilitas toko BATIK FENO yang belum lengkap, pelayanan yang kurang ramah, karyawan yang masih kurang cakap, dan tanggapan terhadap keluhan pelanggan yang kurang cepat. Sementara faktor penggerak yang perlu dipertahankan pelayanannya adalah desain batik yang diinginkan pelanggan dapat dipenuhi oleh BATIK FENO, bahan yang digunakan bermacam-macam, harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas produk, kerapihan ruangan toko BATIK FENO, kenyamanan ruangan toko BATIK FENO, penampilan karyawan BATIK FENO, ketepatan waktu dalam membuka toko BATIK FENO, dan karyawan BATIK FENO selalu ada ketika dibutuhkan pelanggan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKepuasan Konsumenen_US
dc.subjectBatik Feno Di Pekalonganen_US
dc.titleAnalisis Kepuasan Konsumen Terhadap Batik Feno Di Pekalonganen_US
dc.Identifier.NIM04311070


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record