Implementasi Pembelajaran Inklusi Berbasis Islam Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Di Smpit Alam Permata Probolinggo
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam hidup, berbagai
jenjang pendidikan telah ada di negara ini, mulai dari TK, SD, SMP sampai
SMA. Mayoritas lembaga pendidikan di Indonesia memang hanya menerima
anak reguler, tetapi untuk saat ini juga sudah ada lembaga pendidikan yang
menerima anak berkebutuhan khusus. Pendidikan yang diselenggarakan untuk
anak reguler dan anak berkebutuhan khusus disebut pendidikan inklusi, dan
salah satu lembaga penyelenggara pendidikan inklusi berbasis Islam adalah
SMPIT Alam Permata Probolinggo. Di SMPIT Alam Permata ini, peneliti
akan meneliti bagaimana implementasi pembelajaran inklusi berbasis Islam
di sekolah ini, apa saja faktor pendukung dan penghambatnya serta
bagaimana cara mengatasi hambatan tersebut.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yakni penelitian
lapangan. Peneliti juga menggunakan berbagai teori untuk penelitian
kualitatif ini. Peneliti akan mengamati proses pembelajaran inklusi yang
berlangsung di SMPIT Alam Permata ini, mulai dari perencanaan
pembelajaran, pelaksanaannya, penilaian dan pengawasan pembelajarannya.
Dalam penelitian kualitatif ini, peneliti mengumpulkan data dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah implementasi pembelajaran inklusi
berbasis Islam di SMPIT Alam Permata dilakukan sesuai dengan aturan
pemerintah, yakni memberikan pelayanan yang baik, tetapi pemerintah
sendiri yang tidak melakukan aturan yang ada, seperti dalam landasan
yuridis: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 11
ayat 1, sedangkan pemerintah kabupaten tidak menjamin pembelajaran
inklusi di sekolah ini terlaksana dengan baik, padahal pihak sekolah sudah
memberikan pendidikan yang layak dan juga sesuai dengan tujuan pendidikan
inklusi dan pendidikan Islam. Dan tentu ada beberapa pendukung dan
penghambat dalam proses pembelajaran ini, salah satu penghambatnya
adalah kurangnya guru pendamping khusus. Meski begitu, ada upaya-upaya
untuk mengatasi hambatan yang ada, seperti memberikan kegiatan kepada
masing-masing anak berkebutuhan khusus.
Collections
- Islamic Education [862]