Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pisikis Anak Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Sdn 01 Gri Mulya Bengkulu Utara
Abstract
Di masa covid 19 saat ini banyak dampak yang di alami oleh seluruh masyarakat
entah itu di sisi masyarakat kota, desa dan sebagainya.dampak pesikis yang di alami siswa
kelas 1 SDN 01 Girimulya yang mana peserta didik kelas satu masih sangat baru terhadap
situasi sekolah baru kelas baru dan masyarakat sekolah yang baru sehingga anak perlu
bimbingan dan arahan secara khusus agar mereka mampu menghadapi pembelajaran yang
baru di sekolah yang baru. Di masa pandemi saat ini siswa baru tidak bisa melakukan
pembelajaran secara langsung dan melaukan belajar secara daring, Melihat dari kejadian
tersebut peniliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait dengan masalah yang ada, yaitu
mengenai dampak pandemi Covid-19 terhadap psikis peserta didik di SDN 01 Girimulya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Lalu dilanjutkan dengan teknik
keabsahan data, setelah data terkumpul selanjutnya dilakukan teknik analisis data dengan
melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau
verifikasi. Sampel yang diambil peneliti dalam skripsi ini ada 4 informal, yakni terdiri dari
kepala sekolah, guru pendidikan agama islam kelas 1 SD dan Orangtua siswa serta siswa
kelas 1 SD.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menyimpulkan bahwa dampak Covid-19
memiliki pengaruh terhadap psikis anak kelas satu SD karena psikis anak didik terutama
anak kelas 1 SD yang mana pada masa-masa perkembangan anak dan anak masih mau
belajar dengan cara bermain dan berinteraksi langsung dengan teman, guru, atau orang lain
yang ada di sekitarnya. Di masa pandemi saat ini anak terpaksa belajar di rumah tidak bisa
sekolah secara langsung dan berinteraksi dengan teman sebaya nya menyebabkan anak
malas dalam belajar, mudah bosan, dan anak mudah marah-marah ketika belajar. Guru dan
orangtua siswa harus saling berkomunikasi secara baik dan ekstra supaya pembelajaran
secara online di masa pandemi saat ini mampu berlangsung secara baik dan mencapai apa
yang di harapkan para pendidik dan orangtua murid.
Collections
- Islamic Education [862]