Pengaruh Pengajaran Kitab Hidayatul Muta’alim Terhadap Perilaku Santri Putra Program Thoharoh Di Pondok Pesantren Darul Falah Jepara
Abstract
Keberhasilan dan berkah dari ilmu dipengaruhi oleh perilaku siswa ketika
belajar dan menuntut ilmu. Perilaku menghormati ilmu, guru, dan teman
merupakan keluaran dari akhlak terpuji yang dimiliki siswa tersebut. Namun justru
banyak terjadi siswa yang menyepelekan pelajaran, pertengkaran antar siswa dan
bahkan tidak sedikit berita tentang siswa yang berani melawan gurunya.
Pendidikan akhlak pada masa anak-anak dan remaja sangat penting, karena
pendidikan akhlak pada masa ini akan mempengaruhi akhlak seseorang ketika ia
sudah dewasa. Dalam proses pembentukan akhlak tidaklah cukup suatu pendidikan
hanya mengandalkan dari pendidikan yang di selenggarakan seperti kebanyakan
di sekolah-sekolah saja, terkadang perlu dukungan dan kerja sama dengan
lembaga pendidikan diluar sekolah, diantaranya melalui pendidikan Pondok
Pesantren. Implementasi pembelajaran kitab hidayatul muta’alim di Pondok
Pesantren Darul Falah Jepara merupakan salah satu cara dalam proses
membentuk akhlak melalui mata pelajaran di pesantren. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh dari implementasi pembelajaran kitab hidayatul
muta’alim terhadap perilaku santri di Pondok Pesantren Darul Falah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan pada penelitian ini adalah angket (kuesioner) dan wawancara.
Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Variabel dalam
penelitian ini ada dua, yaitu pengajaran kitab dan perilaku santri. Sampel
penelitian ini adalah santri putra program tasawuf Pondok Pesantren Darul Falah
Jepara yang berjumlah 41 santri. Teknik analisis data yang digunakan pada
penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan
bantuan aplikasi windows yaitu SPSS versi 25.
Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya pengaruh pengajaran kitab
hidayatul muta’alim terhadap perilaku santri. Metode pembelajaran yang
dilakukan Pondok Pesantren Darul Falah Jepara dalam pembentukan akhlak
santri adalah metode teladan, metode kisah-kisah, metode pembiasaan, metode
ceramah, metode hafalan dan sorogan. Sedangkan Implementasi pengajaran kitab
hidayatul muta’alim terhadap perilaku siswa, meliputi: akhlak kepada Allah SWT,
akhlak kepada Nabi Muhammad saw, akhlak kepada guru, akhlak terhadap sesama
manusia, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap lingkungan dan
sebagainya.
Collections
- Islamic Education [918]