Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. A.F. Djunaidi, M.Ag
dc.contributor.authorMuhammad Nurhabib Umar
dc.date.accessioned2021-09-01T07:29:41Z
dc.date.available2021-09-01T07:29:41Z
dc.date.issued2021-06-10
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32128
dc.description.abstractKeberhasilan dan berkah dari ilmu dipengaruhi oleh perilaku siswa ketika belajar dan menuntut ilmu. Perilaku menghormati ilmu, guru, dan teman merupakan keluaran dari akhlak terpuji yang dimiliki siswa tersebut. Namun justru banyak terjadi siswa yang menyepelekan pelajaran, pertengkaran antar siswa dan bahkan tidak sedikit berita tentang siswa yang berani melawan gurunya. Pendidikan akhlak pada masa anak-anak dan remaja sangat penting, karena pendidikan akhlak pada masa ini akan mempengaruhi akhlak seseorang ketika ia sudah dewasa. Dalam proses pembentukan akhlak tidaklah cukup suatu pendidikan hanya mengandalkan dari pendidikan yang di selenggarakan seperti kebanyakan di sekolah-sekolah saja, terkadang perlu dukungan dan kerja sama dengan lembaga pendidikan diluar sekolah, diantaranya melalui pendidikan Pondok Pesantren. Implementasi pembelajaran kitab hidayatul muta’alim di Pondok Pesantren Darul Falah Jepara merupakan salah satu cara dalam proses membentuk akhlak melalui mata pelajaran di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari implementasi pembelajaran kitab hidayatul muta’alim terhadap perilaku santri di Pondok Pesantren Darul Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket (kuesioner) dan wawancara. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu pengajaran kitab dan perilaku santri. Sampel penelitian ini adalah santri putra program tasawuf Pondok Pesantren Darul Falah Jepara yang berjumlah 41 santri. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi windows yaitu SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya pengaruh pengajaran kitab hidayatul muta’alim terhadap perilaku santri. Metode pembelajaran yang dilakukan Pondok Pesantren Darul Falah Jepara dalam pembentukan akhlak santri adalah metode teladan, metode kisah-kisah, metode pembiasaan, metode ceramah, metode hafalan dan sorogan. Sedangkan Implementasi pengajaran kitab hidayatul muta’alim terhadap perilaku siswa, meliputi: akhlak kepada Allah SWT, akhlak kepada Nabi Muhammad saw, akhlak kepada guru, akhlak terhadap sesama manusia, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap lingkungan dan sebagainya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPengajaran kitab hidayatul mutaalimen_US
dc.subjectPerilaku Santrien_US
dc.titlePengaruh Pengajaran Kitab Hidayatul Muta’alim Terhadap Perilaku Santri Putra Program Thoharoh Di Pondok Pesantren Darul Falah Jeparaen_US
dc.Identifier.NIM17422096


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record