Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Penerapan Pendidikan Karakter Kejujuran Pada Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Sdn 03 Banding Agung, Lampung Barat
Abstract
Di indonesia sangat memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas dalam
jumlah yang memadai, maka pendidikan memiliki peran yang sangat penting. Oleh sebab
itu, pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan pendidikan nasional. Kata jujur
adalah sebuah ungkapan yang sering kali kita dengar dan menjadi pembicaraan. Pendidikan
karakter di sekolahan sangatlah penting, apalagi di jaman sekarang anak- anak di Indonesia
perlu di tanamkan kepada mereka pendidikan karakter kejujuran sejak dini. Tujuan
penulisan dan penelitian ini yaitu untuk megetahui bagaimana peran guru dan orang tua
dalam menerapkan pendidikan karakter kejujuran pada siswa di masa pandemi covid-19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan,
dimana informan penelitian ini yakni terdiri dari kepala sekolah, guru, Orang tua siswa,dan
murid. Teknik penentuan informan penelitian ini menggunakan purposive sampling.
Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menyimpulkan bahwa karakter kejujuran
di sekolah, khususnya di SDN 03 Banding Agung Lampung Barat sudah berjalan dengan
baik. Dengan adanya karakter kejujuran pada siswa mampu membentuk perilaku ke jujuran
pada siswa dalam hal apapun. dan orang tua siswa/wali murid bahwasannya Pendidikan
karakter kejujuran pada anak itu sangat penting dan harus di terapkan sejak dini pada anak.
karena apabila anak sudah mulai bisa atau berani berbuat kebohongan maka akan
melakukan kebohongan- kebohongan yang lain, seperti hadist nabi Muhammad SAW yang
artinya “pokok segala dosa adalah berbohong. Dan faktor penghambatnya yaitu karena
adanya wabah Covid-19 Dampaknya sangatlah besar dalam penerapan Pendidikan yang
pertama dampak dalam kejujuran berpengaruh dalam pembelajaran, dan sangatlah kurang
efektif. siswa - siswi kurang giat dalam belajar, siswa – siswi merasa kesulitan dalam
menerima materi melalui daring/online.
Collections
- Islamic Education [863]