Show simple item record

dc.contributor.advisorSyaifulloh Yusuf, S.Pd.I., M.Pd.I
dc.contributor.authorFATKHUR ROHMAN
dc.date.accessioned2021-09-01T07:12:41Z
dc.date.available2021-09-01T07:12:41Z
dc.date.issued2021-06-08
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32126
dc.description.abstractDi indonesia sangat memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas dalam jumlah yang memadai, maka pendidikan memiliki peran yang sangat penting. Oleh sebab itu, pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan pendidikan nasional. Kata jujur adalah sebuah ungkapan yang sering kali kita dengar dan menjadi pembicaraan. Pendidikan karakter di sekolahan sangatlah penting, apalagi di jaman sekarang anak- anak di Indonesia perlu di tanamkan kepada mereka pendidikan karakter kejujuran sejak dini. Tujuan penulisan dan penelitian ini yaitu untuk megetahui bagaimana peran guru dan orang tua dalam menerapkan pendidikan karakter kejujuran pada siswa di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, dimana informan penelitian ini yakni terdiri dari kepala sekolah, guru, Orang tua siswa,dan murid. Teknik penentuan informan penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menyimpulkan bahwa karakter kejujuran di sekolah, khususnya di SDN 03 Banding Agung Lampung Barat sudah berjalan dengan baik. Dengan adanya karakter kejujuran pada siswa mampu membentuk perilaku ke jujuran pada siswa dalam hal apapun. dan orang tua siswa/wali murid bahwasannya Pendidikan karakter kejujuran pada anak itu sangat penting dan harus di terapkan sejak dini pada anak. karena apabila anak sudah mulai bisa atau berani berbuat kebohongan maka akan melakukan kebohongan- kebohongan yang lain, seperti hadist nabi Muhammad SAW yang artinya “pokok segala dosa adalah berbohong. Dan faktor penghambatnya yaitu karena adanya wabah Covid-19 Dampaknya sangatlah besar dalam penerapan Pendidikan yang pertama dampak dalam kejujuran berpengaruh dalam pembelajaran, dan sangatlah kurang efektif. siswa - siswi kurang giat dalam belajar, siswa – siswi merasa kesulitan dalam menerima materi melalui daring/online.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectkarakter kejujuranen_US
dc.subjectpandemi covid-19en_US
dc.titlePeran Guru Dan Orang Tua Dalam Penerapan Pendidikan Karakter Kejujuran Pada Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Sdn 03 Banding Agung, Lampung Baraten_US
dc.Identifier.NIM17422009


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record