Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Muslim Milenial Dalam Membayar Zakat Secara Online Melalui Platform Fintech (Studi Empiris Pada Muzaki Milenial Di Wilayah Jabodetabek)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor
yang memengaruhi keputusan berzakat secara online melalui platform fintech.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu 155 responden dari generasi
muslim milenial yang tinggal atau berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Depok,
Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Metode pemilihan sampel pada penelitian
ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan
menggunakan Statistikal Package for the Social Sciens (SPSS) IBM Versi 26.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pendapatan, kepercayaan, transparansi,
dan akuntabilitas berpengaruh positif siginfikan terhadap keputusan berzakat secara
online melalui platform fintech, sedangkan religiusitas dan brand awareness tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan berzakat secara online melalui platform
fintech.
Collections
- Akuntansi [4403]