Show simple item record

dc.contributor.advisorSuwarsono,Drs.,H.,MA.
dc.contributor.authorEko Purwanto
dc.date.accessioned2021-08-27T06:35:48Z
dc.date.available2021-08-27T06:35:48Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32021
dc.description.abstractSkripsi ini mengangkat judul “Analisis Kesadaran Merek (Brand Awareness) pada Minuman Isotonik dan Sikap Konsumen terhadap Produk Minuman Isotonik Merek Pocari Sweat”. Secara garis besar membahas mengenai kesadaran konsumen terhadap minuman isotonik serta posisi masing-masing merek dalam tingkatan brand awareness dan sikap konsumen terhadap minuman isotonik merek Pocari Sweat. Dalam pengambilan sampelnya peneliti menggunakan metode Convenience sampling dihitung dengan rumus populasi tidak diketahui. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden, tehnik pengumpulan datanya adalah dengan kuesioner dan wawancara. Pada pengukuran kesadaran merek menggunakan tiga tingkatan yaitu top of mind (puncak pikiran), brand recall (pengingatan kembali merek), dan brand recognition (pengenalan kembali merek). Sikap menggunakan perhitungan analisis diskriptif dan kuantitatif. Metode pengolahan data menggunakan reasoned action model dari Fishbein dengan variabel evaluasi dan keyakinan. Sedangkan untuk mengukur validitas dan reliabilitas alat ukur dalam penelitian ini, maka rumus Product Moment dan Cronbach Alpha menjadi pilihan dengan bantuan SPSS For Windows 12.0. Hasil dari analisis penelitian ini menunjukan tingkatan brand awareness, yaitu top of mind ditempati oleh Pocari Sweat (51,0%), brand recall ditempati oleh Mizone (49,0%), dan brand recognition, hampir semua mengenal merek Pocari Sweat tanpa diingatkan (89,0%). Dari hasil perhitungan indeks sikap konsumen terhadap atribut produk minuman isotonik merek Pocari Sweat dapat diketahui besarnya indeks sikap konsumen (Ao) adalah sebesar 15,97. Sementara sikap pada atribut merek yang terkenal sebesar 17,19, sikap pada atribut harga yang terjangkau sebesar 15,74, sikap pada atribut varian kemasan sebesar 13,99, dan sikap pada atribut manfaat atau fungsi sebesar 16,97. Berdasarkan hasil dari indeks sikap konsumen terhadap atribut produk minuman isotonik merek Pocari Sweat adalah Positif dengan skor 15,97. Artinya konsumen telah memberikan penilaian baik evaluasi maupun keyakinan terhadap kualitas produk Pocari Sweat adalah baik. Kata kunci : Brand awareness, top of mind, brand recall, brand recognition dan Sikap, evaluasi, keyakinan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBrand awarenessen_US
dc.subjecttop of minden_US
dc.subjectbrand recallen_US
dc.subjectbrand recognition dan Sikapen_US
dc.subjectkeyakinanen_US
dc.titleAnalisis Kesadaran Merek (Brand Awareness) pada Minuman Isotonik dan Sikap Konsumen terhadap Produk Minuman Isotonik Merek Pocari Sweat ( Study kasus pada mahasiswa FE UII )en_US
dc.Identifier.NIM03311398


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record