Show simple item record

dc.contributor.advisorDra. Hj. Budi Astuti, M.Si.
dc.contributor.authorDian Prananingrum
dc.date.accessioned2021-08-27T06:17:56Z
dc.date.available2021-08-27T06:17:56Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/32017
dc.description.abstractPenelitian skripsi ini mengambil judul: “Analisis Asosiasi Sampo Di Kota Yogyakarta”. Latar belakang dari penelitian skripsi ini adalah mulai munculnya persaingan yang bukan lagi di dominasi dengan perang kualitas produk, melainkan pereng merek. Satu-satunya cara meraih pasar adalah dengan merek yang dominan atau memiliki ekuitas merek yang kuat. Merek pada kenyataannya lebih dari sekedar logo, nama atau pengepakannya (packaging). Hal ini menimbulkan persaingan yang cukup ketat, tidak terkecuali kelompok merek produk sampo, yang memberikan kemungkinan bagi konsumen melakukan brand switching dengan mudah. Hal ini juga dipicu semakin banyaknya merek sampo yang beredar dimasyarakat, selain itu sampo-sampo itu pun mengeluarkan varian yang hampir sama, dengan kualitas yang hampir sama pula dan harga yang bersaing. Permasalahan yang dikemukan berdasarkan latar belakang penelitian skripsi ini adalah apakah ada kesamaan asosiasi merek sampo Sunsilk, Clear, dan Pantene menurut konsumen serta apakah ada perbedaan asosiasi merek sampo Sunsilk, Clear, dan Pantene berdasarkan karakteristik konsumen. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah H1: Semua asosiasi merek produk sampo Sunsilk, Clear dan Pantene menurut konsumen memiliki asosiasi yang sama., H2: Asosiasi merek produk sampo Sunsilk, Clear, dan Pantene adalah sama berdasarkan karakteristik konsumen. Penulisan penelitian skripsi ini menggunakan metode analisa faktor utnuk mengetahui faktor-faktor asosiasi merek sampo menurut konsumen dan uji Kruskal-Wallis untuk mengetahui asosiasi merek sampo berdasarkan karakteristik konsumen. Dari hasil analisis faktor dapat disimpulkan bahwa sampo Sunsilk, Clear dan Pantene memiliki asosiasi yang sama. Sampo Sunsilk memiliki asosiasi bauran pemasaran, kesehatan rambut dan perawatan rambut. Sampo Clear memiliki asosiasi bauran pemasaran, kesehatan rambut, penampilan rambut dan perawatan kulit kepala. Hasil asosiasi dari sampo Pantene adalah manfaat bagi rambut, harga, iklan, kesehatan rambut dan perawatan rambut. Dari hasil asosiasi tersebut, terdapat beberapa kesamaan antara sampo Sunsilk dan Clear yaitu faktor kesehatan rambut dan bauran pemasaran. Faktor kesehatan rambut untuk sampo Sunsilk, Clear dan Pantene. Faktor perawatan rambut untuk sampo Sunsilk dan Pantene. Dengan kata lain ketiga merek tersebut memiliki faktor asosiasi merek yang hampir sama, sehingga H1 dapat diterima. Sedangkan berdasarkan uji Kruskal – Wallis tidak terdapat perbedaan tingkat asosiasi merek produk sampo Sunsilk, Clear dan Pantene berdasarkan karakteristik konsumen, atau dengan kata lain terima H2.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Asosiasi Merek Sampo Di Kota Yogyakartaen_US
dc.titleAnalisis Asosiasi Merek Sampo Di Kota Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM03311343


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record