Pengaruh Harga, Brand Image, Kualitas Produk, Dan Digital Marketing Terhadap Minat Pembelian Produk Nadiraa Hijab (Studi Kasus Mahasiswi Universitas Islam Indonesia)
Abstract
Fenomena dalam beberapa tahun terakhir industri fashion khususnya fashion
muslimah berkembang dengan cepat dan presentasenya sangat positif. Ditandai
dengan banyaknya produsen hijab yang bermunculan, dari banyaknya produsen
tersebut masih ada satu produsen hijab yang mampu bertahan ditengah persaingan
pasar yang sangat ketat yaitu “Nadiraa Hijab” dengan produk berkualitas bagus dan
harga sangat terjangkau. Namun permasalahan yang muncul yaitu dengan menjual
produk yang memiliki kualitas bagus dengan harga murah dapat membunuh atau
menjatuhkan kompetitor lain yang memiliki produk serupa dengan Nadiraa Hijab.
Tujuan adanya penelitian untuk menganalisis: (1) pengaruh dari harga terhadap
minat pembelian produk Nadiraa Hijab. (2) pengaruh dari brand image terhadap
minat pembelian produk Nadiraa Hijab. (3) pengaruh dari kualitas produk
terhadap minat pembelian produk Nadiraa Hijab. (4) pengaruh dari digital
marketing terhadap minat pembelian produk Nadiraa Hijab. Populasinya adalah
seluruh Mahasiswi Universitas Islam Indonesia. Teknik pengumpulan data
menggunakan non probability sampling. Sampelnya sejumlah 100 orang
konsumen Nadiraa Hijab. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian berbentuk
kuantitatif, metode analisis data memakai regresi. Adapun hasil yang diperoleh
pada penelitian ini sebagai berikut : Uji t, harga tidak memberikan pengaruh
positif signifikan terhadap minat pembelian produk “Nadiraa Hijab. Brand image
memiliki pengaruh signifikan terhadap minat pembelian produk “Nadiraa Hijab”.
Kualitas produk memiliki sebuah pengaruh positif signifikan terhadap minat
pembelian produk “Nadiraa Hijab. Digital marketing berpengaruh positif
signifikan terhadap minat pembelian produk “Nadiraa Hijab”. Hasil analisis Uji F,
menunjukan harga, brand image, kualitas produk, dan juga digital marketing
secara serempak berpengaruh terhadap minat pembelian produk Nadiraa Hijab.
Variabel kualitas produk merupakan variabel yang mempengaruhi minat
pembelian paling dominan dibanding ketiga variabel lain.
Collections
- Islamic Economics [826]