Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Berkelanjutan Layanan Mobile Banking Syariah di Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor – faktor apa saja yang
mempengaruh perilaku nasabah untuk mengadopsi mobile banking Syariah
dengan menggunakan pendekatan model Unifield Theory of Acceptance and
Use of Technology 2 (UTAUT2). Pada penelitian ini menggunakan motode
kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret – April 2021 dan
sumber data penelitian ini diperoleh dengan metode survey dengan kuesioner
yang disebarkan melalui broadcast ke media sosial. Responden pada
penelitian ini adalah nasabah yang telah menggunakan mobile banking
Syariah minimal 1 bulan lamanya. Alat statistik yang digunakan untuk
mengolah data pada penelitian ini menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil dari
penelitian ini adalah variabel Performance Expectancy (PE), Effort
Expectancy (EE), Social Influence (SI), Hedonic Motivation (HM), Price
Value (PV), Facilitating Conditions (FC) tidak diterima dan tidak
berpengaruh signifikan terhadap niat menggunakan dan mengadopsi mobile
banking Syariah. Sedangkan variabel yang diterima dan berpengaruh
signifikan terhadap niat mengadopsi mobile banking Syariah diantaranya
yaitu Facilitating Conditions (FC), Behavioural Intention (BI), Habit (HB),
Syariah Value (SV).
Collections
- Islamic Economics [826]