Penerapan Metode Dan Media Pembelajaran Al–Qur’an Hadis Bagi Anak Penyandang Disabilitas (Tuna Netra) di MAN 2 Sleman
Abstract
Pendidikan Inklusi merupakan sebuah pendekatan yang berusaha
mentransformasikan sistem pendidikan dengan meniadakan hambatan-hambatan yang
dapat menghalangi siswa unutk berpartisipasi penuh dalam pendidikan. Karakteristik
dan kebutuhan yang tidak sama antara sama lainnya, bukan berarti pihak
penyelenggara pendidikan boleh melakukan diskriminasi kepada mereka yang
berkebutuhan khusus. Dalam pembelajaran kelas inklusi guru dituntut untuk lebih
peka, kreatif dan memiliki beberapa keahlian untuk mendidik dan mengajar peserta
didiknya melalui kegiatan yang bervariasi dan mampu meningkatkan minat semangat
belajar siswanya. MAN 2 Sleman merupakan salah satu madrasah inklusi pertama di
Indonesia yang mendapatkan banyak perhatian dari Dinas Pendidikan Pusat untuk
menunjang proses pembelajaran para peserta didik difabel. Menurut sejarah madrasah
ini semula bernama PGALB (Pendidikan Guru Agama Luar Biasa) . Tujuan dari
penelitian ini untuk menganalisis penerapan metode dan media pembelaaran AlQur’an
Hadis
dalam
perkembangan
anak
penyandang
disabilitas
di
MAN
2
Sleman,
menemukan
dampak dari penerapan metode dan media pembelajaran serta
mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat metode dan media pembelajaran
Al- Qur’an Hadis dalam perkembangan anak penyandang disabilitas di MAN 2
Sleman.
Penelitian ini menggunkan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling.Sampel dalam
penelitian ini adalah guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dan siswa penyandang
disabilitas MAN 2 Sleman. Variabel dalam penelitian ada dua yaitu metode dan
media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
reduksi data, display data dan verification
Temuan dari penelitian ini adalah (1) Metode dan media yang diterapkan oleh
pendidik bervariasi. (2) Dampak dari metode dan media yang diterapkan dari sisi
akademik tidak konsisten. (3) Faktor pendukung dari penerapan metode dan media
yang diterapkan berhasil menciptakan pembelajaran yang efektif sedangakan faktor
penghambat dari metode dan media yang diterapkan terkendala dengan suasana yang
tidak kondusif.
Collections
- Islamic Education [863]