Show simple item record

dc.contributor.advisorBurhan Nudin, S.Pd.I, M.Pd.I.
dc.contributor.authorDafi Deedad Aprianda Prapto
dc.date.accessioned2021-08-25T06:13:35Z
dc.date.available2021-08-25T06:13:35Z
dc.date.issued2021-06-09
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31946
dc.description.abstractPendidikan Inklusi merupakan sebuah pendekatan yang berusaha mentransformasikan sistem pendidikan dengan meniadakan hambatan-hambatan yang dapat menghalangi siswa unutk berpartisipasi penuh dalam pendidikan. Karakteristik dan kebutuhan yang tidak sama antara sama lainnya, bukan berarti pihak penyelenggara pendidikan boleh melakukan diskriminasi kepada mereka yang berkebutuhan khusus. Dalam pembelajaran kelas inklusi guru dituntut untuk lebih peka, kreatif dan memiliki beberapa keahlian untuk mendidik dan mengajar peserta didiknya melalui kegiatan yang bervariasi dan mampu meningkatkan minat semangat belajar siswanya. MAN 2 Sleman merupakan salah satu madrasah inklusi pertama di Indonesia yang mendapatkan banyak perhatian dari Dinas Pendidikan Pusat untuk menunjang proses pembelajaran para peserta didik difabel. Menurut sejarah madrasah ini semula bernama PGALB (Pendidikan Guru Agama Luar Biasa) . Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis penerapan metode dan media pembelaaran AlQur’an Hadis dalam perkembangan anak penyandang disabilitas di MAN 2 Sleman, menemukan dampak dari penerapan metode dan media pembelajaran serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat metode dan media pembelajaran Al- Qur’an Hadis dalam perkembangan anak penyandang disabilitas di MAN 2 Sleman. Penelitian ini menggunkan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling.Sampel dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dan siswa penyandang disabilitas MAN 2 Sleman. Variabel dalam penelitian ada dua yaitu metode dan media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data dan verification Temuan dari penelitian ini adalah (1) Metode dan media yang diterapkan oleh pendidik bervariasi. (2) Dampak dari metode dan media yang diterapkan dari sisi akademik tidak konsisten. (3) Faktor pendukung dari penerapan metode dan media yang diterapkan berhasil menciptakan pembelajaran yang efektif sedangakan faktor penghambat dari metode dan media yang diterapkan terkendala dengan suasana yang tidak kondusif.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMetodeen_US
dc.subjectMediaen_US
dc.subjectDisabilitasen_US
dc.titlePenerapan Metode Dan Media Pembelajaran Al–Qur’an Hadis Bagi Anak Penyandang Disabilitas (Tuna Netra) di MAN 2 Slemanen_US
dc.Identifier.NIM16422067


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record