Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Di MTsN 6 Sleman
Abstract
Anak sebagai generasi penerus bangsa sering kali mendapat kekerasan di
rumah, sekolah dan lingkungan sekitar. Dari hasil yang ditemukan kekerasan pada
anak disebut sebagai mendisiplinkan agar anak tidak melakukan kenakalan.
Kekerasan yang didapat anak membuat anak menjadi stress hingga depresi karena
mendapatkan hukuman jika melakukan kesalahan dan kenakalan. Dengan adanya
Program Sekolah Ramah Anak di sekolah/madrasah akan berdampak dengan
penurunan jumlah kekerasan.
Sekolah ramah anak adalah sekolah yang mana menghargai dan
memberikan hak-hak anak dengan melindungi dari kekerasan, pembullyan dan
diskriminasi. Sekolah ramah anak sendiri telah diujikan dengan berbagai lembaga
sebelum ditunjuk menjadi “sekolah ramah anak”.
MTs N 6 Sleman salah satu madrasah yang menerapkan Program Sekolah
Ramah Anak terhadap anak-anak, lingkungan dan sekitar madrasah. Di madrasah
ini anak-anak akan diberikan penjelasan dan contoh terkait Program Sekolah
Ramah Anak. Anak-anak diajarkan bagaimana harus bertanggung jawab dengan
apa yang sudah diperbuat.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus
penelitian Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di MTs N 6 Sleman.
Pengambilan subjek dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling, di
antaranya kepala madrasah, penanggungjawab sekolah ramah anak, guru bk dan
anak-anak di MTs N 6 Sleman. Sumber data sekundernya yaitu referensi baik buku
dan jurnal yang terkait dengan Program Sekolah Ramah Anak. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program sekolah ramah
anak sudah dilakukan dan diterapkan dengan baik dari mulai penerapan, peraturan
yang tidak menggunakan poin, kegiatan program sekolah ramah anak hingga pada
keberhasilan program sekolah ramah anak.
Collections
- Islamic Education [864]