Show simple item record

dc.contributor.advisorMizan Habibi S.Pd.I., M.Pd.I
dc.contributor.authorRenchy Almuzdorofa
dc.date.accessioned2021-08-25T06:07:54Z
dc.date.available2021-08-25T06:07:54Z
dc.date.issued2021-06-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31945
dc.description.abstractAnak sebagai generasi penerus bangsa sering kali mendapat kekerasan di rumah, sekolah dan lingkungan sekitar. Dari hasil yang ditemukan kekerasan pada anak disebut sebagai mendisiplinkan agar anak tidak melakukan kenakalan. Kekerasan yang didapat anak membuat anak menjadi stress hingga depresi karena mendapatkan hukuman jika melakukan kesalahan dan kenakalan. Dengan adanya Program Sekolah Ramah Anak di sekolah/madrasah akan berdampak dengan penurunan jumlah kekerasan. Sekolah ramah anak adalah sekolah yang mana menghargai dan memberikan hak-hak anak dengan melindungi dari kekerasan, pembullyan dan diskriminasi. Sekolah ramah anak sendiri telah diujikan dengan berbagai lembaga sebelum ditunjuk menjadi “sekolah ramah anak”. MTs N 6 Sleman salah satu madrasah yang menerapkan Program Sekolah Ramah Anak terhadap anak-anak, lingkungan dan sekitar madrasah. Di madrasah ini anak-anak akan diberikan penjelasan dan contoh terkait Program Sekolah Ramah Anak. Anak-anak diajarkan bagaimana harus bertanggung jawab dengan apa yang sudah diperbuat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di MTs N 6 Sleman. Pengambilan subjek dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling, di antaranya kepala madrasah, penanggungjawab sekolah ramah anak, guru bk dan anak-anak di MTs N 6 Sleman. Sumber data sekundernya yaitu referensi baik buku dan jurnal yang terkait dengan Program Sekolah Ramah Anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program sekolah ramah anak sudah dilakukan dan diterapkan dengan baik dari mulai penerapan, peraturan yang tidak menggunakan poin, kegiatan program sekolah ramah anak hingga pada keberhasilan program sekolah ramah anak.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectProgram Sekolah Ramah Anaken_US
dc.subjectKekerasan pada anaken_US
dc.titleImplementasi Program Sekolah Ramah Anak Di MTsN 6 Slemanen_US
dc.Identifier.NIM16422008


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record