Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Drs. H. Ahmad Darmadji M.Pd
dc.contributor.authorIKA NAHDATI RAHMAH
dc.date.accessioned2021-08-19T04:26:04Z
dc.date.available2021-08-19T04:26:04Z
dc.date.issued2021-06-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31787
dc.description.abstractMetode mengajar merupakan komponen krusial pada proses pembelajaran. Metode mengajar yang tepat akan menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Salah satu metode mengajar yang sering digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab. Metode tersebut diterapkan di SD Muhammadiyah Condongcatur pada proses pembelajaran di kelas. Tetapi banyak orang menganggap metode ceramah ini sudah kuno, membosankan, monoton, tidak membuat siswa aktif, materi kurang bisa diserap dengan baik, terlebih lagi alokasi waktu pembelajaran sangat minim, dan berada di waktu yang rentan seperti setelah jam istirahat atau jam terakhir sebelum pulang sekolah. Dari fenomena tersebut, peneliti bertujuan untuk menjelaskan implementasi metode ceramah dan tanya jawab terhadap efektivitas pembelajaran Pendidikan Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah Condongcatur sekaligus faktor yang mendukung dan menghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Informan penelitian terdiri dari guru Pendidikan Kemuhammadiyahan dan siswa di SD Muhammadiyah Condongcatur. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber serta teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode ceramah dan tanya jawab pada mata pelajaran Pendidikan Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah Condongcatur dapat diterapkan dan memiliki efektivitas baik terhadap pembelajaran di kelas karena dikombinasikan dengan metode bercerita. Kemudian ditemukan faktor-faktor pendukung dan penghambat, keduanya memiliki keterkaitan satu dengan lainnya yang memberikan efek atau dampak pada proses pembelajaran di kelas.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMetode ceramah dan tanya jawaben_US
dc.subjectefektivitas pembelajaranen_US
dc.titleImplementasi Metode Ceramah Dan Tanya Jawab Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Kemuhammadiyahan Di Sd Muhammadiyah Condongcaturen_US
dc.Identifier.NIM16422160


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record