Analisis Penggunaan Media Youtube Dalam Meningkatan Minat Menggunakan Keuangan Syariah Di Sulawesi
Abstract
Kebanyakan penduduk di Sulawesi memiliki kesadaran (awareness) tentang
ekonomi yang masih rendah, terutama dalam perbankan dan keuangan syariah.
Banyak masyarakat awam yang belum sadar dengan keberadaan ekonomi syariah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan minat
terhadap asuransi syariah, perbankan syariah dan BMT setelah melihat video
sosialisasi keuangan syariah.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan pre-
post experimental design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 121 responden
yang diberikan perlakuan video sosialisasi keuangan syariah. Penggumpulan data
menggunakan kuesioner dengan bantuan google form untuk pengisiannya. Analisa
data dilakukan cara membandingkan skor minat sebelum dan sesudah melihat
youtube.
Hasil penelitian diketahui: 1. Terjadi penurunan minat responden terhadap asuransi
syariah sebesar 0,93% setelah diberi perlakuan video sosialisasi asuransi Syariah.
2. Ada peningkatan minat responden terhadap Perbankan Syariah sebesar 0,88%
setelah diberi perlakuan video sosialisasi perbankan Syariah. dan 3. Ada
peningkatan minat responden terhadap BMT sebesar 1,41% setelah diberi
perlakuan video sosialisasi BMT.
Collections
- Islamic Economics [827]