Pengelompokan Perguruan Tinggi Negeri Di Indonesia Menggunakan Metode Hirarki Dan K-Medoids Dengan Ukuran Jarak Modifikasi Data Campuran (Studi Kasus : Perguruan Tinggi Negeri Di Indonesia Tahun 2020)
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu sasaran pokok pemerintah dalam rangka
meningkatkan kesejahteraan rakyat. Salah satu pendidikan yaitu pendidikan
perguruan tinggi. Perguruan tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah
pendidikan menengah mencangkup program pendidikan diploma, sarjana,
magister, spesialis, dan doktor yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi.
Perguruan tinggi di Indonesia terdapat beberaba bentuk yaitu Politeknik, Sekolah
Tinggi, Akademik, Universitas dan Institut. Setiap perguruan tinggi mempunyai
akreditasi universitas maupun akreditasi program studi. Akreditasi merupakan
salah satu pentuk dari penilaian mutu dan kelayakan insitusi perguruan tinggi atau
program studi yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri diluar perguruan
tinggi. Akreditasi tersebut dapat dikelompokan dengan indikator lainnya untuk
mengetahui pengelompokan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia pada tahun
2020. Pengelompokan tersebut berdasarkan indikator akreditasi dan 8 indikator
lainnya diolah dengan menggunakan metode complete linkage dan k-medoids.
Perhitungan dievaluasi menggunakan shilhouette coefficient dan davies bouldin
index menghasilkan kluster optimal sebesar 4 kelompok. Adapun perbedaan dari
kedua metode tersebut adalah pada jumlah kluster optimal.
Collections
- Statistics [899]