Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Amazara (Studi Kasus Pemanfaatan Media Digital-Internet dalam Komunikasi Pemasaran PT Amazara Cipta Indonesia Tahun 2019-2020)
Abstract
Meningkatnya pengguna internet memiliki dampak langsung terhadap kenaikan
pemanfaatan kanal e-commerce di Indonesia. Kenaikan ini turut berdampak pula pada
persaingan merek yang memanfaatkan e-commerce, sehingga perlu bagi perusahaan untuk
mulai mempertimbangkan komunikasi pemasaran digital sebagai senjata utama
memenangkan persaingan. Amazara sebagai salah satu merek sepatu ternama di Indonesia
menyadari sepenuhnya hal tersebut, dan mulai mengimplementasikan komunikasi
pemasaran digital dalam aktifitas pemasarannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan tentang strategi
komunikasi pemasaran dengan media digital dan internet yang dipilih Amazara. Data primer
diambil dari in-depth interview dengan segenap karyawan dan pemilik Amazara. Data
kemudian diklasifikasikan kedalam kategori-kategori tertentu dan diproses melalui
interpretasi data untuk mendapatkan pemahaman mendalam terkait kasus. Hasil interpretasi
kemudian dibandingkan dengan konteks teoritis yang didapatkan dari studi literatur untuk
kemudian diproses dalam proses perumusan kesimpulan.
Penelitian berhasil memberikan beberapa hasil penting dalam analisis komunikasi
pemasaran digital yang dilakukan Amazara. Pertama, implementasi dilakukan dengan
berlandaskan pada Model AIDA dan dilakukan dengan lima teknik utama: laman web resmi,
reklame digital, SEO dan SEA, aktivasi komunitas, dan media sosial Instagram. Evaluasi
sendiri dilakukan Amazara dengan melihat penerimaan konsumen atas langkah-langkah
strategi komunikasi pemasaran digital.
Kedua, berdasarkan hasil analisis SWOT, diketahui bahwa kekuatan Amazara adalah
citra merek yang kuat, tim yang handal, komunikasi dan budaya kerja, fasilitas, dan variasi
produk, serta konsumen yang loyal. Namun, Amazara memiliki beberapa kelemahan pula,
antara lain: keterbatasan anggaran, kemampuan dalam mengelola fasilitas, dan
ketergantungan konten dengan rantai pasokan stok produk Amazara. Lebih lanjut lagi,
diungkapkan bahwa peluang merek Amazara terletak di besarnya peluang meningkatkan
komunikasi pemasaran digital itu sendiri, dan perkembangan teknologi yang semakin
menyongsong kea rah digital. Tantangan yang akan dihadapi Amazara adalah faktor
eksternal organisasi, seperti algoritma saluran, belum familiarnya masyarakat terhadap
pemasaran digital, dan adanya karakteristik saluran tertentu yang sulit diubah oleh Amazara.
Collections
- Communication [952]