Konsep Dan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam
Abstract
Nilai pendidikan multikultural sesungguhnya sangat menekankan pada
sikap untuk saling memahami, menghargai, menghormati, adil, toleransi serta
mengedepankan mussyawarah. Namun dalam realitasnya masih banyak
ditemukan adanya praktek intoleransi dan disharmonisasi di tengah
masyarakat yang disebabkan karena perbedaan baik dalam ras, suku, budaya,
bahasa bahkan agama. Adanya penerapan politik monokulturalisme di
Indonesia ditengarai menjadi faktor penyebab munculnya problem multi etnik
ini, praktek politik monokuturalisme ini merambah pada semua lini kehidupan
termasuk di dalamnya bidang pendidikan. Di sisi lain tujuan pendidikan Islam
adalah untuk mewujudkan insan kamil. Sebuah sebutan manusia yang
sempurna sebagai khalifah di bumi. Manusia yang mampu
mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam secara seimbang dalam
menjalin interaksi secara vertikal kepada Allah Swt (hablumminallah) serta
interaksi horizontal sesama insan (hablumminannas) di muka bumi. Sehingga
akan tercipta kehidupan bermasyarakat yang penuh dengan keharmonisan,
kerukunan, persatuan dan kesatuan. Berangkat dari persoalan tersebut penulis
tertarik mengadakan penelitian tentang konsep dan nilai-nilai pendidikan
multikultural dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam.
Penelitian ini termasuk penelitian literature (library research) yang
fokus pada kajian secara ilmiah literatur-literatur kepustakaan yang relevan
dengan materi penelitian. Adapun metode dipakai dalam penelitian ini metode
kualitatif, dengan menggunakan sumber data baik sumber data primer maupun
sekunder kemudian dianalisa dengan analisis content, analisis domain dan
analisis taksonomi, sehingga menghasilkan sebuah gambaran dan kesimpulan
secara empirik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antara konsep dan nilai-nilai
pendidikan multikultural adalah sangat relevan dengan tujuan pendidikan
Islam. Hal ini didasarkan pada temuan mengenai adanya relevansi antara
konsep dan nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan multikultural dengan
tujuan pendidikan Islam.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Hubungan Sikap Ayah terhadap Pendidikan Anak dan Tingkat Pendidikan Ayah dengan Tingkat Aspirasi dalam Pendidikan pada Remaja
Yenita Handriyani (Universitas Islam Indonesia, 2001) -
Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan, dan Lama Pendidikan terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti PPAK
Fadilah Fatmayasari, 13312328 (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-06)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh motivasi gelar, motivasi ekonomi, motivasi karir, biaya pendidikan dan lama pendidikan terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti PPAk. ... -
Pemikiran Pendidikan Nurcholish Madjid dan Kontribusinya Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia
Zulpendi (Universitas Islam Indonesia, 2017-05-03)Nurcholish Madjid merupakan salah satu tokoh pembaharuan di Indonesia. Dengan kecerdasannya Ia telah melontarkan ide, konsep dan pemikiran Islam dalam upaya menatap masa depan bangsa Indonesia. Latar belakang tesis ...