Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Muzhoffar Akhwan, MA,
dc.contributor.authorANI MUZAYAROH
dc.date.accessioned2021-08-09T08:18:45Z
dc.date.available2021-08-09T08:18:45Z
dc.date.issued2021-03-24
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/31456
dc.description.abstractNilai pendidikan multikultural sesungguhnya sangat menekankan pada sikap untuk saling memahami, menghargai, menghormati, adil, toleransi serta mengedepankan mussyawarah. Namun dalam realitasnya masih banyak ditemukan adanya praktek intoleransi dan disharmonisasi di tengah masyarakat yang disebabkan karena perbedaan baik dalam ras, suku, budaya, bahasa bahkan agama. Adanya penerapan politik monokulturalisme di Indonesia ditengarai menjadi faktor penyebab munculnya problem multi etnik ini, praktek politik monokuturalisme ini merambah pada semua lini kehidupan termasuk di dalamnya bidang pendidikan. Di sisi lain tujuan pendidikan Islam adalah untuk mewujudkan insan kamil. Sebuah sebutan manusia yang sempurna sebagai khalifah di bumi. Manusia yang mampu mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam secara seimbang dalam menjalin interaksi secara vertikal kepada Allah Swt (hablumminallah) serta interaksi horizontal sesama insan (hablumminannas) di muka bumi. Sehingga akan tercipta kehidupan bermasyarakat yang penuh dengan keharmonisan, kerukunan, persatuan dan kesatuan. Berangkat dari persoalan tersebut penulis tertarik mengadakan penelitian tentang konsep dan nilai-nilai pendidikan multikultural dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk penelitian literature (library research) yang fokus pada kajian secara ilmiah literatur-literatur kepustakaan yang relevan dengan materi penelitian. Adapun metode dipakai dalam penelitian ini metode kualitatif, dengan menggunakan sumber data baik sumber data primer maupun sekunder kemudian dianalisa dengan analisis content, analisis domain dan analisis taksonomi, sehingga menghasilkan sebuah gambaran dan kesimpulan secara empirik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antara konsep dan nilai-nilai pendidikan multikultural adalah sangat relevan dengan tujuan pendidikan Islam. Hal ini didasarkan pada temuan mengenai adanya relevansi antara konsep dan nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan multikultural dengan tujuan pendidikan Islam.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectNilai pendidikan,en_US
dc.subjectpendidikan multikultural,en_US
dc.subjectdan tujuan pendidikan Islam.en_US
dc.titleKonsep Dan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islamen_US
dc.Identifier.NIM19913030


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record