Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Di Dusun Sapen Umbulmartani Ngemplak Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Pendidikan menjadi hal penting yang bertujuan untuk memberi pengetahuan,
membentuk keterampilan, sikap dan kebiasaan yang baik dalam pribadi seseorang.
Proses pembelajaran tentunya akan menjadi tolak ukur keberhasilan sesorang
dalam mencapai tujuan belalajar. Dimasa pandemi seperti saat ini pross belajar
bagi anak yang ada di sekolahan di gantikan dengan pembelajaran daring daring.
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Menjelaskan tanggapan orang tua terhadap
pembelajaran daring di Dusun Sapen Umbulmartani Ngemplak Sleman Daerah
Istimewa Yogyakarta. 2. Mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran
daring dalam persepsi orang tua di Dusun Sapen Umbulmartani Ngemplak Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah orang tua yang memiliki anak sekolah. Objek penelitian ini adalah
pandangan orang tua tentang kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring.
Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan
teknik Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data mengguanakan cara
observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pandangan orang tua terhadap
pembelajaran daring yang ada di Dusun Sapen ini menunjukkan kurang efektifnya
belajar dengan cara daring, hal ini dakeranakan para orang tua yang merasa
anaknya belum maksimal ketika belajar dan masih mengalami kendala saat belajar.
Pembelajaran daring juga memiliki kelebihan dan kekurangan, kekurangan yang
dirasakan dari pandangan orang tua yaitu materi yang disampaikan kurang jelas,
anak merasa cepat bosan ketika belajar, belum bisa menjadi tolak ukur kemampuan
anak. Kelebihan dari pembelajaran daring dari pandangan orang tua yaitu waktu
anak dengan orang tua menjadi lebih banyak, orang tua bisa tau kegiatan yang
dilakukan anak secara langsung.
Collections
- Islamic Education [862]