Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan E-Money
Abstract
E-Money merupakan sebuah alat pembayaran dengan bentuk elektronik yang mana
nilai dari uang tersebut disimpan dalam sebuah media yang bersifat elektronik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja yang
diharapkan, ekspektasi usaha, lingkungan sosial, fasilitas pendukung, motivasi
hedonis, dan biaya terhadap penggunaan e-money serta pengaruh penggunaan emoney
terhadap
kebiasaan
penggunaan
yang
didasari
oleh
teori
Unified
Theory
of
Acceptance
and
Use
of
Technology
2
(UTAUT2).
Responden
pada
penelitian
ini
adalah
210 orang yang pernah menggunakan e-money. Data pada penelitian ini
didapatkan dengan menyebar kuisioner online. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa kinerja yang diharapkan, ekspektasi usaha, fasilitas
pendukung, motivasi hedonis, dan biaya berpengaruh positif dan signifikan
terhadap penggunaan e-money, penggunaan e-money berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kebiasaan penggunaan.
Collections
- Akuntansi [4424]