Pijar Benderang (Illustrated Merchandise) Strategi Bisnis dengan Pendekatan Sustainable Business Model Innovation
Abstract
Pijar Benderang merupakan bisnis design illustrated merchandise yang
masuk dalam kategori fashion. Bisnis ini mengedepankan kualitas dibandingkan
kuantitas agar dapat bersaing dengan produk luar karena masih banyak
masyarakat yang lebih memilih produk luar dikarenakan kualitas yang lebih baik,
menerapkan konsep islami dengan tidak mengilustrasikan gambar yang bernyawa
menyerupai manusia dan hewan agar dapat masuk ke dalam store muslim,
menekankan produk yang ramah lingkungan (sustainable) dengan menciptakan
green product dengan menggunakan bahan eco friendly baik dari bahan uatama
maupun packaging yang dapat merubah perilaku konsumen untuk melestarikan
lingkungan, mengedepankan konsep sustainability. Pijar Benderang terus
melakukan inovasi dan terus mengikuti perubahan perilaku konsumen khususnya
situasi pandemi Covid-19 yang dimana kebutuhan dan kebiasaan manusia yang
berubah. Bisnis fashion sangat menjanjikan karena tingginya kebutuhan fashion,
Pijar Benderang selain menerapkan penggunaan bahan eco friendly, tetapi juga
memiliki ciri khas khusus dengan desain ilusutrasi yang dibuat sendiri sehingga
hanya dimiliki oleh brand tersebut.
Pijar Benderang didirikan oleh Vylda dan Beata pada tahun 2019 di
Yogyakarta, yang dimana pada tahun 2017 telah berjalan tetapi hanya fokus pada
produksi scarf. Pada tahun 2019 pengembangan bisnis ke arah produk appareal
dengan konsep sustainable dilakukan. Penjualan produk dilakukan melalui online,
website, marketplace, e-commerce, mengikuti event secara online maupun offline,
dan konsinyasi store di daerah Yogyakarta, Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Pijar
Benderang telah melakukan pengembangan bisnis dengan pendekatan Sustainable
Business Model Innovation. Pengembangan bisnis perlu di up ke konsumen agar
konsumen mengerti produk seperti apa yang mereka gunakan dan perbedaan apa
yang dilakukan oleh Pijar Benderang dengan cara membuat story line pada
website, blog, atau pemberian card pada setiap produk yang dijual yang berisikan
penjelasan bisnis dan produk secara singkat.
Penjualan produk Pijar Benderang dapat menghasilkan 33.000.000 rupiah
pada tahun 2020 yang dimana dapat bertahan dan tetap menguntungkan walaupun
melakukan penjualan di saat situasi pandemi Covid-19. Strategi diferensiasi
produk dilakukan untuk bertahan dan meningkatkan penjualan dengan menjual
produk lini covid dan hobi yang dimana dibutuhkan masyarakat saat ini karena
perubahan perilaku konsumen yang disebabkan pandemi.
Collections
- Master of Management [408]