• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Islamic Studies
    • Islamic Education
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Islamic Studies
    • Islamic Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Fungsi Majelis Taklim Dalam Peningkatan Religiusitas Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

    Thumbnail
    View/Open
    16422128 Khairul Amri.pdf (1.723Mb)
    Date
    2021-03-23
    Author
    KHAIRUL AMRI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Program Taklim merupakan pendampingan keagamaan yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Indoenesia. Taklim diselenggarakan dengan peran fungsi agar dapat meningkatkan religiusitas atau kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menerapkan agama islam, peran fungsi tersebut merupakan jawaban untuk permasalahan krisis karakter saat ini, namun permasalahannya adalah, seberapa efektif peran fungsi taklim meningkatkan religiusitas mahasiswa dan bagaimana prosesnya, hal itulah yang mendorong pelaksanaan penelitian ini Penelitian ini menggunakan jenis penelitian bersifat deskripstif kualitatif. Sumber data penelitian adalah penanggung jawab taklim UII, Muallim taklim PAI UII, dan 7 (tujuh) mahasiswa PAI UII 2018. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yakni reduksi data, penyajian dan membuat kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa fungsi majelis taklim adalah sebagai program Pengembangan Diri Qur’ani (PDQ) yang merupakan program pendampingan keagamaan terhadap seluruh mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Sasaran dari aktivitas PDQ ini adalah mahasiswa UII jenjang Sarjana pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat) yang dikelompokkan dalam empat level (Pra-dasar, Dasar, Menengah, dan Lanjut), dan hasil analisis religiusitas terkait dampak taklim adalah; (a) Taklim memperdalam keyakinan mahasiswa terhadap islam melalui pengetahuan tentang islam yang diberikan, juga dipengaruhi dengan suasana kelompok saat taklim. (b) Taklim memacu mahasiswa untuk menghafal Al-Qur’an, namun taklim tidak berdampak besar pada bertambahnya intensitas shalat sehari-hari. (c) Taklim dapat memberikan penghayatan keagamaan dalam bentuk ketenangan dan ketentraman saat mengikuti proses taklim. (d) Taklim berdampak pada pengetahuan keagamaan yakni aspek fikih, bacaan dan hafalan Al-Qur’an yang bertambah baik. (e) Taklim belum memberikan dampak terhadap perilaku keislaman sehari-hari, baik dalam perilaku sosial maupun lingkungan.
    URI
    https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30919
    Collections
    • Islamic Education [590]

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV