Implementasi Psikologi Belajar Dalam Meningkatkan Strategi Pembelajaran PAI Pada Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan T.A 2019 Di MTS N 10 Sleman
Abstract
erkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat (termasuk
dalam ilmu Kependidikan) menutut manusia untuk mengolah segala potensi yang
dimilikinya agar tidak ketinggalan kereta, lewat pengkajian dan penelitian ilmiah,
khususnya ilmu psikologi belajar yang berusaha untuk menelaah berbagai hal
yang berhubungan dengan proses pembelajaran. Banyak sekali keinginan manusia
untuk menjadi guru, atau paling tidak menggurui, akan tetapi pendidik masih
belum maksimal dalam melakukan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui peran dari ilmu psikologi belajar dalam meningkatkan sebuah
konsep pembelajaran pada mahasiswa PPL.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan, dimana informan penelitian ini adalah mahasiswa yang melakukan
praktik pengalaman lapangan di MTs N 10 Sleman. Teknik penentuan informan
penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa PPL lebih banyak
menggunakan teori belajar kognitivistik yang dikemukakan oleh Jean Piaget.
Strategi pembelejaran yang banyak digunakan adalah strategi pembelajaran
inquiry. Peran ilmu psikologi belajar dalam meningkatkan strategi pembelajaran
pada mahasiswa adalah: (1) Mengetahui hakikat peserta didik, (2) Menempatkan
pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik, (3) Menyelesaikan
Permasalahan Peserta didik, (4) Meningkatkan Strategi Pembelajaran, (5)
Meningkatkan Keberhasilan dalam Pembelajaran.
Collections
- Islamic Education [862]