Show simple item record

dc.contributor.advisorBurhan Nudin, S.Pd.I., M.Pd.I.
dc.contributor.authorIndah Khoirinnisa
dc.date.accessioned2021-07-27T06:47:31Z
dc.date.available2021-07-27T06:47:31Z
dc.date.issued2021-03-23
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30911
dc.description.abstracterkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat (termasuk dalam ilmu Kependidikan) menutut manusia untuk mengolah segala potensi yang dimilikinya agar tidak ketinggalan kereta, lewat pengkajian dan penelitian ilmiah, khususnya ilmu psikologi belajar yang berusaha untuk menelaah berbagai hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran. Banyak sekali keinginan manusia untuk menjadi guru, atau paling tidak menggurui, akan tetapi pendidik masih belum maksimal dalam melakukan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dari ilmu psikologi belajar dalam meningkatkan sebuah konsep pembelajaran pada mahasiswa PPL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, dimana informan penelitian ini adalah mahasiswa yang melakukan praktik pengalaman lapangan di MTs N 10 Sleman. Teknik penentuan informan penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa PPL lebih banyak menggunakan teori belajar kognitivistik yang dikemukakan oleh Jean Piaget. Strategi pembelejaran yang banyak digunakan adalah strategi pembelajaran inquiry. Peran ilmu psikologi belajar dalam meningkatkan strategi pembelajaran pada mahasiswa adalah: (1) Mengetahui hakikat peserta didik, (2) Menempatkan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik, (3) Menyelesaikan Permasalahan Peserta didik, (4) Meningkatkan Strategi Pembelajaran, (5) Meningkatkan Keberhasilan dalam Pembelajaran.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPsIkologi Belajaren_US
dc.subjectStrategi Pembelajaranen_US
dc.subjectMahasiswa PPLen_US
dc.titleImplementasi Psikologi Belajar Dalam Meningkatkan Strategi Pembelajaran PAI Pada Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan T.A 2019 Di MTS N 10 Slemanen_US
dc.Identifier.NIM16422063


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record