Citra Merek dalam Logo dan Tata Ruang “Analisis Semiotika Ruang-Visual Couvee Coffeeshop Yogyakarta”
Abstract
Shinta Kusuma Dewi, 13321051. Citra Merek dalam Logo dan Tata Ruang “Analisis
Semiotika Ruang-Visual Couvee Coffeeshop Yogyakarta” . 2020.
Berkembangnya coffee shop di Yogyakarta cukup pesat, salah satunya adalah Couvee yang
tepatnya berada di Jl. Kaliurang Km.5 Yogyakarta yang ingin memenuhi keinginan dan
kebutuhan konsumennya. Coffee shop menyediakan bermacam-macam jenis kopi. Couvee
merupakan sebuah usaha dagang yang bergerak pada industri jasa, yang didirikan pada 13 April
tahun 2017. Konsep yang diterapkan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya adalah
coffee shop yang menawarkan kopi dengan konsep take away.
Pada penelitian ini penulis menggunakan paradigm kritis, yaitu mengamati realitas “semu”
yang telah terbentuk oleh proses sejarah dan kekuatan-kekuatan sosial, budaya atau ekonomi
politik, menggunakan analisis komprehensif, kontekstual dan multi level yang bisa dilakukan
melalui penempatan diri sebagai partisipan dalam proses transformasi sosial.
Hasil dari penelitian ini adalah karakter love bird yang biasanya juga tinggal dalam koloni,
yang terdiri dari keluarga dekat mereka, sehingga semakin menegaskan bahwa burung ini adalah
jenis burung yang penuh kasih sayang dan penuh kehangatan, ini disampaikan oleh Couvee
melalui outletnya yang mengutamakan kebersamaan konsumennya. Secara keseluruhan
Couvee didesain mengikuti gaya industrial yakni desain interior yang berkutat pada pemilihan
material yang tampak apa adanya. Perabot pada Couvee tertata dengan baik pada tempat
pemesanan area yang ada cukup lebar sehingga ketika terjadi kepadatan pengunjung susunan
antrian pengunjung lebih teratur.
Kata Kunci : citra merek, logo dan tata ruang
Collections
- Communication [943]