Analisis Digital Marketing Nimco Indonesia Dan Starcross Distro Dalam Meningkatkan Penjualan
Abstract
Nimco Indonesia sejak awal kemunculannya pada tahun 2006, selalu melakukan inovasi,
yang tidak hanya inovasi terhadap model produknya, namun juga inovasi dalam aspek pola
pemasaran dan segmentasi pasar. Semua produk Nimco tidak terbatas hanya pada satu gender
yaitu pria dan satu kalangan yaitu anak muda, namun juga dapat digunakan oleh kalangan
dewasa yang memang menyukai style anak muda jaman sekarang. Starcross dalam
perkembangannya selalu menyajikan produk berkualitas bagi konsumennya mulai dari
accessories dan pakaian. Dengan mengutamakan kualitas bahan pakaian yang terbaik. pihak
Starcross tetap optimis bahwa konsumen akan tetap setia dengan produk yang ada di Starcross.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Penelitian kualitatif sendiri dapat dijelaskan yaitu metode untuk
memahami fenomena yang terjadi pada subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi,
atau tindakan, serta merupakan suatu metode yang digunakan untuk menggambarkan atau
menjelaskan hasil dari penelitian, tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih
luas. Selanjutnya, terkait dengan studi kasus di penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci,
dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga, dan gejala tertentu. Metode ini dipilih untuk
digunakan pada penelitian ini dikarenakan sesuai dengan teknik pengumpulan data yang
digunakan oleh peneliti. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, data yang
didapat dari penelitian dilapangan dapat dijabarkan dengan tepat.
Digital marketing menjadi hal yang menarik bagi perusahaan untuk dikembangkan yaitu
terkait betapa efisiennya penggunaan sistem ini serta efek peningkatan pada nilai penjualan dan
reputasi perusahan yang sangat signifikan. Apabila Nimco dengan fokusnya untuk
memaksimalkan digital advertising, maka lain halnya dengan Starcross yang lebih memilih
untuk fokus memperluas jaringan pasar dengan aktif pada media sosial yang populer. Faktor
pendukung pada Nimco dan Starcross yaitu memiliki beberapa platform untuk memudahkan
penjualan dan promosi sedangkan untuk faktor penghambat seperti kemampuan dalam
mengoptimalisasi sistem SEO sangatlah kurang.
Seperti yang dirasakan oleh Nimco dalam penggunaan fitur digital advertising sebagai sarana
untuk promosi produk yang mampu meningkatkan penjualan produk mereka. Kemudian juga
dengan adanya pengembangan pasar hingga ke dalam lingkup keluarga seperti yang dilakukan
oleh Starcross mampu menjadi cara untuk menjaga hubungan dengan para konsumen loyal
mereka. Dari fitur – fitur platform digital yang ada perlu tetap di dukung dengan adanya toko
fisik atau penjualan offline yang kuat. Tetapi, dengan segala manfaat dari digital marketing tidak
lepas dari adanya kemungkinan penyalahgunaan data ataupun kejahatan di media sosial digital.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran bagi ilmu komunikasi dan
dapat menjadi referensi atas pembahasan bidang digital marketing pada penelitian selanjutnya
dapat memberi masukan pihak Nimco Indonesia dan Starcross Distro terkait sistem digital
marketing yang dijalankan pada perusahaan dapat memberikan gambaran bagi para pihak yang
awam tentang bagaimana sistem digital marketing diterapkan pada suatu perusahaan.
Collections
- Communication [943]