Pengaruh Literasi Keuangan, Opportunity Cost, Nilai Guna (Utility Theory), Pengendalian Diri Dan Manfaat Dari Mobile Banking Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan analisis pengaruh yang
akan diberikan oleh literasi keuangan, opportunity cost, nilai guna (utility theory),
pengendalian diri dan Manfaat mobile banking terhadap perilaku konsumtif
mahasiswa selama pandemi covid-19. Populasi yang digunakan dalam penelitian
ini adalah mahasiswa akuntansi dari berbagai universitas di Indonesia. Penelitian
ini menggunakan metode survei menggunakan kuesioner melalui google form
sehingga diperoleh data sebanyak 94 mahasiswa. Alat statistik untuk melakukan uji
hipotesis menggunakan SPSS 24 dan microsoft excel 365. Hasil menunjukkan
bahwa literasi keuangan, opportunity cost dan Manfaat mobile banking
berpengaruh terhadap perilaku konsumtif, sedangkan variabel pengendalian diri
dan nilai guna tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif.
Collections
- Akuntansi [4498]