Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Man 4 Sleman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan
perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah
Akhlak. Fakta di lapangan menunjukkan masih kurangnya minat siswa untuk
mengunjungi perpustakaan dan juga siswa memiliki keinginan untuk membaca
yang masih rendah sehingga harus selalu dibimbing oleh guru bersangkutan dan
masih kurang adanya peningkatan dalam nilai kognitif pada mata pelajaran Aqidah
Akhlak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dan termasuk dalam
jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi Penelitian ini berada di MAN 4
Sleman Yogyakarta, dengan respondennya yaitu siswa kelas XI yang memiliki
populasi 149 siswa dan responden yang digunakan hanya 27% dari total populasi
yaitu 40 siswa. Dan pengambilan sampelnya menggunakan proportional random
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan hasil
ujian siswa. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Terdapat pengaruh pemanfaatan
perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI MAN 4 Sleman.
Hal tersebut dapat dilihat pada hasil taraf signifikan sebesar 0,006, yang berarti
0,006 < 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada terdapat pengaruh
pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 4 Sleman. 2. Besar pengaruh pemanfaatan
perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 18,5%. Hal tersebut
dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,185 dan
kemudian diubah dalam bentuk persen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
besarnya pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar
dalam mata Aqidah Akhlak di MAN 4 Sleman yakni sebesar 18,5% sedangkan
sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Faktor-faktor lain yang dapat
mempengaruhi prestasi belajar cukup banyak, misalnya minat, motivasi, bakat,
lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lain sebagainya.
Collections
- Islamic Education [863]