Show simple item record

dc.contributor.advisorMir’atun Nur Arifah, S.Pd.I., M.Pd.I.
dc.contributor.authorREGIPATYATACIKA
dc.date.accessioned2021-07-13T04:34:44Z
dc.date.available2021-07-13T04:34:44Z
dc.date.issued2021-02-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30419
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Fakta di lapangan menunjukkan masih kurangnya minat siswa untuk mengunjungi perpustakaan dan juga siswa memiliki keinginan untuk membaca yang masih rendah sehingga harus selalu dibimbing oleh guru bersangkutan dan masih kurang adanya peningkatan dalam nilai kognitif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dan termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi Penelitian ini berada di MAN 4 Sleman Yogyakarta, dengan respondennya yaitu siswa kelas XI yang memiliki populasi 149 siswa dan responden yang digunakan hanya 27% dari total populasi yaitu 40 siswa. Dan pengambilan sampelnya menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan hasil ujian siswa. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Terdapat pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI MAN 4 Sleman. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil taraf signifikan sebesar 0,006, yang berarti 0,006 < 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada terdapat pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 4 Sleman. 2. Besar pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 18,5%. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,185 dan kemudian diubah dalam bentuk persen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar dalam mata Aqidah Akhlak di MAN 4 Sleman yakni sebesar 18,5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar cukup banyak, misalnya minat, motivasi, bakat, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lain sebagainya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPemanfaatan Perpustakaanen_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Man 4 Slemanen_US
dc.Identifier.NIM16422094


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record