Text Mining Analysis Dan Sentiment Analysis Dengan Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier (Studi Kasus: Data Tanggapan Mengenai Tokopedia Melalui Media Sosial Twitter)
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin canggih telah membawa perubahan. Hal ini
kemudian mempengaruhi gaya hidup masyarakat, dengan adanya belanja online
melalui internet. Situs ini biasa disebut pasar e-commerce. E-commerce adalah
penjualan yang dilakukan melalui media elektronik. Salah satu e-commerce di
Indonesia adalah Tokopedia. Dalam strategi pemasaran untuk menarik daya tarik
konsumen untuk menggunakan jasa maupun produk dari perusahaan adalah
melakukan strategi pemasaran modern melalui media digital dalam memasarkan
aktivitas dan inovatif dalam meningkatkan brand awareness, brand image
perusahaan melalui digital marketing, advertising dan social media marketing,
banyaknya promo dan informasi-informasi menarik yang disajikan tentunya
membutuhkan marketing yang kuat dari perusahaan tersebut. Dalam hal ini pihak
perusahaan tentunya diharapkan mampu memahami jenis konten dalam sebuah
informasi yang diberikan agar memperoleh respon positif sehingga dapat
meningkatkan jumlah pengunjung, akan semakin kuat, semakin dikenal. Oleh
karena itu akan dilakukan analisis menggunakan akun sosial media Twitter dengan
NBC (Naive Bayes Classifier). Data yang digunakan adalah tweet dan retweet para
pengguna Twitter mulai dari tanggal 25 September 2020 sampai 28 September
2020. Diperoleh hasil Sentiment Analysis dari data Twitter yakni sebesar 5055 data
terklasifikasi, 69,8% atau sebanyak 3530 tweet masuk dalam kelas sentimen negatif
dan 30,2% atau 1525 masuk dalam kelas sentimen positif.
Collections
- Statistics [899]