Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Edy Widodo,S.Si.,M.Si
dc.contributor.authorKhofiyya Mulia Rahmi
dc.date.accessioned2021-07-08T04:04:09Z
dc.date.available2021-07-08T04:04:09Z
dc.date.issued2020-11-29
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30268
dc.description.abstractPerkembangan teknologi yang semakin canggih telah membawa perubahan. Hal ini kemudian mempengaruhi gaya hidup masyarakat, dengan adanya belanja online melalui internet. Situs ini biasa disebut pasar e-commerce. E-commerce adalah penjualan yang dilakukan melalui media elektronik. Salah satu e-commerce di Indonesia adalah Tokopedia. Dalam strategi pemasaran untuk menarik daya tarik konsumen untuk menggunakan jasa maupun produk dari perusahaan adalah melakukan strategi pemasaran modern melalui media digital dalam memasarkan aktivitas dan inovatif dalam meningkatkan brand awareness, brand image perusahaan melalui digital marketing, advertising dan social media marketing, banyaknya promo dan informasi-informasi menarik yang disajikan tentunya membutuhkan marketing yang kuat dari perusahaan tersebut. Dalam hal ini pihak perusahaan tentunya diharapkan mampu memahami jenis konten dalam sebuah informasi yang diberikan agar memperoleh respon positif sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung, akan semakin kuat, semakin dikenal. Oleh karena itu akan dilakukan analisis menggunakan akun sosial media Twitter dengan NBC (Naive Bayes Classifier). Data yang digunakan adalah tweet dan retweet para pengguna Twitter mulai dari tanggal 25 September 2020 sampai 28 September 2020. Diperoleh hasil Sentiment Analysis dari data Twitter yakni sebesar 5055 data terklasifikasi, 69,8% atau sebanyak 3530 tweet masuk dalam kelas sentimen negatif dan 30,2% atau 1525 masuk dalam kelas sentimen positif.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectText Miningen_US
dc.subjectTokopediaen_US
dc.subjectSentiment Analysisen_US
dc.subjectNaïve Bayes Classifieren_US
dc.titleText Mining Analysis Dan Sentiment Analysis Dengan Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier (Studi Kasus: Data Tanggapan Mengenai Tokopedia Melalui Media Sosial Twitter)en_US
dc.Identifier.NIM14611180


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record