Studi Komunikasi Pemasaran Perusahaan Batik "Sidomulyo" di Solo
Abstract
Perkembangan dunia usaha pada saat ini semakin pesat, hal ini ditandai
dengan adanya berbagai macam produk yang ditawarkan oleh banyak produsen di
pasar. Dalam hal ini perusahaan dituntut untuk bekerja secara lebih efektif dan
efisien. Di samping itu perusahaan juga perlu untuk memperhatikan strategi
komunikasi pemasaran dalam memproduksi dan memasarkan produknya. Untuk
menunjang sukses atau tidaknya suatu usaha yang sedang dijalankan tentu saja
diperlukan suatu pemasaran atau komunikasi pemasaran dan perencanaan yang
baik.
Berdasarkan later belakang tersebut maka penulis mengambil judul "Studi
Komunikasi Pemasaran Perusahaan Batik "SIDOMULYO" Di Solo.
Adapun alasan peneliti memilih topik penelitian tentang komunikasi
pemasaran adalah produk batik itu merupakan kategori produk khusus yang
dimana strategi dan komunikasi pemasarannya berbeda. Kegiatan pemasaran
bukanlah hal yang mudah dan boleh dilakukan dengan asal-asalan saja, tetapi
sebuah perusahaan harus benar memikirkan dan merencanakan secara matang
aktivitas pemasaran yang hendak dilakukan agar dapat meraih hasil yang dicitacitakan.
Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk memperoleh
gambaran yang jelas mengenai komunikasi pemasaran yang digunakan, pesan
komunikasi yang dilakukan, sasaran komunikasinya, waktu penggunaanya dan
mengetahui komunikasi pesaing terdekatnya.
Tekhnik Pengumpulan data dengan melalui observasi langsung, wawancara,
dokumentasa, dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan adalah analisis
diskriptif kualitatif
Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa komunikasi
pemasaran batik sidomulyo menggunakan strategi komunikasi pemasaran terpadu
atau Integrated Marketing Communication, alat komunikasi pemasaran yang
paling efektif dan efisien adalah personal selling ( melalui sales ) dan Promosi
penjualan (pameran) disamping periklanan, publisitas, PR dan pemasaran
langsung. sasaran komunikasi pemasaran adalah anak-anak, remaja sampai orang
tua dan pesan komunikasi pemasaran yang ditunjukkan adalah selalu mengikuti
mode (kreatif dan inovatif) dengan tidak meniru, memberikan kualitas yang baik
dan harga yang relatif murah.
Saran yang diberikan adalah Diharapkan untuk batik sidomulyo dan semuanya
hams selalu mengintegrasikan seluruh alat komunikasi pemasarannya dengan
pesan komunikasi yang akan disampaikan, selalu menjaga komunikasi itu dan
mempunyai anggaran untuk biaya iklan ataupun alat-alat komunikasi lainnya.
Collections
- Management [4560]