Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Lokasi, Dan Shariah Compliance Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Hotel Grand Dafam Rohan Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan, harga, lokasi dan syariah compliance terhadap kepuasan pelanggan
Hotel Grand Dafam Rohan Yogyakarta, variabel independen pada penelitian ini
yaitu Kualitas pelayanan, harga, lokasi, dan shariah compliance. Dan variabel
dependen yaitu kepuasan pelanggan. Data dalam penelitian ini didapat melalui
penyebaran kuesioner kepada 100 responden sesuai dengan kriteria yang telah
ditentukan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu
dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji
t dan uji F serta uji koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian
menunjukkan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan
reliabel. Pada ujiasumsiklasik data berdistribusi normal, tidak terjadi
heteroskedastisitas dan multikolinearitas. Pada uji hipotesis variabel Kualitas
Pelayanan, Harga dan Lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Dan uji hipotesis Shariah Compliance tidak berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan. Sedangkan uji F menunjukkan bahwa semua variabel
bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan. Hal ini disebut ditunjukkanoleh hasil uji F yang menghasilkan nilai
signifikan (0,000 < 0,05). Variabel Kualitas Pelayanan adalah variabel yang paling
dominan berpengaruh dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan. Hasil penelitian
besarnya koefisien determinasi (R Square) adalah 0,778 atau 77,8% yang berarti
bahwa variable dependen yaitu Y (Kepuasan Pelanggan) dapat dijelaskan oleh 4
variabel independen yaitu Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi dan Syariah
Compliance sebesar 77,8%. Sedangkan sisanya 22,2% dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Collections
- Islamic Economics [827]