Penerapan Kepemimpinan Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Di MTs N 9 Sleman
Abstract
Skripsi penerapan kepemimpinan guru SKI dalam meningkatkan prestasi
dan motivasi belajar peserta didik di MTs N 9 Sleman. Berawal dari munculnya
keresahan pandangan negatif siswa terhadap pembelajaran SKI. Pembelajaran
membahas cerita masa lalu, siswa dituntut menghafal nama tokoh, tempat sejarah,
dan lain-lain yang membuat siswa kurang tertarik mempelajarinya. Seharusnya
peran kepemimpinan guru SKI diharapkan bisa memberikan motivasi belajar
sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian
mengetahui dan mendiskripsikan penerapan kepemimpinan serta mengetahui dan
menjelaskan kendala penerapan kepemimpinan guru SKI dalam meningkatkan
prestasi dan motivasi belajar pesert didik.
Jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan
data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri
dari wakil kepala, guru SKI, dan tiga peserta didik. Penentuan informan dengan
teknik purposive sampling. Teknik analisi data melalui tiga tahapan yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan
uji kredibilitas dengan triangulasi.
Hasil kesimpulan yaitu penerapan kepemimpinan guru dapat meningkatkan
prestasi dan motivasi belajar. Adapun proses penerapan kepemimpinan didalam
pembelajaran yaitu 1) Saat pendahuluan guru selalu mengawali dengan salam,
berdoa, motivasi, dan lain-lain. 2) Saat kegiatan inti guru menggunakan metode
pembelajaran dengan media yang menarik. 3) Saat penutupan guru mengintakan
kembali materi yang sudah disampaikan dan mengerjakan soal dari guru. Proses
penerpan kepemimpinan diluar pembelajaran guru selalu memberikan contoh
yang baik seperti disiplin masuk kelas, berpakaian rapi, dan lain-lain. Kendala
yang dihadapi guru yaitu kurangnya jam pembelajaran, pembelajaran yang kurang
diminati, perbedaan latar belakang pendidikan, kuranngnya displin siswa, karakter
yang beraga, dan metode baru yang belum tentu berhasil.
Collections
- Islamic Education [864]