Show simple item record

dc.contributor.advisorBurhan Nudin.S.Pd.I., M.Pd.I.
dc.contributor.authorMuklis Cahyo Muh Arifin
dc.date.accessioned2021-07-06T14:01:06Z
dc.date.available2021-07-06T14:01:06Z
dc.date.issued2021-02-25
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30131
dc.description.abstractSkripsi penerapan kepemimpinan guru SKI dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar peserta didik di MTs N 9 Sleman. Berawal dari munculnya keresahan pandangan negatif siswa terhadap pembelajaran SKI. Pembelajaran membahas cerita masa lalu, siswa dituntut menghafal nama tokoh, tempat sejarah, dan lain-lain yang membuat siswa kurang tertarik mempelajarinya. Seharusnya peran kepemimpinan guru SKI diharapkan bisa memberikan motivasi belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian mengetahui dan mendiskripsikan penerapan kepemimpinan serta mengetahui dan menjelaskan kendala penerapan kepemimpinan guru SKI dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar pesert didik. Jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari wakil kepala, guru SKI, dan tiga peserta didik. Penentuan informan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisi data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Hasil kesimpulan yaitu penerapan kepemimpinan guru dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar. Adapun proses penerapan kepemimpinan didalam pembelajaran yaitu 1) Saat pendahuluan guru selalu mengawali dengan salam, berdoa, motivasi, dan lain-lain. 2) Saat kegiatan inti guru menggunakan metode pembelajaran dengan media yang menarik. 3) Saat penutupan guru mengintakan kembali materi yang sudah disampaikan dan mengerjakan soal dari guru. Proses penerpan kepemimpinan diluar pembelajaran guru selalu memberikan contoh yang baik seperti disiplin masuk kelas, berpakaian rapi, dan lain-lain. Kendala yang dihadapi guru yaitu kurangnya jam pembelajaran, pembelajaran yang kurang diminati, perbedaan latar belakang pendidikan, kuranngnya displin siswa, karakter yang beraga, dan metode baru yang belum tentu berhasil.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKepemimpinanen_US
dc.subjectPrestasi dan Motivasien_US
dc.subjectGuru SKIen_US
dc.subjectPeserta Didiken_US
dc.titlePenerapan Kepemimpinan Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Di MTs N 9 Slemanen_US
dc.Identifier.NIM16422182


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record