Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Siswa Terhadap Budaya Religius Sekolah Di MAN 4 Sleman
Abstract
Budaya religius merupakan hal yang sangat penting dan harus diciptakan
pada lembaga pendidikan karena lembaga pendidikan merupakan salah satu
lembaga yang mentrasformasikan nilai-nilai agama sedangkan budaya religius
disekolah merupakan tempat untuk mentransfer nilai-nilai agama kepada peserta
didik. Adapun proses pembentukan budaya religius sekolah dapat di bentuk melalui
peneladanan dari guru, sikap maupun pembiasaan dalam kegiatan harian.
Penelitian ini dilakukan guna mengetahui adakah pengaruh kecerdasan
emosional terhadap budaya religious sekolah, dan pengaruh kecerdasan spiritual
terhadap budaya religius. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Analisis Regresi Berganda.
Dari perhitungan menggunakan regresi linear berganda menggunakan
software SPSS dapat diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh kecerdasan emosional
(X1) terhadap budaya religious sekolah (Y) sebesar 0,064, terdapat pengaruh
kecerdasan spiritual (X2) terhadap budaya religius sekolah (Y) sebesar 0,004, dan
terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual (X3) terhadap budaya religius
sekolah (Y) sebesar 0,000. Nilai R square sebesar 0,431, hal ini mengandung arti
bahwa pengaruh kecerdasan emosional (X1) dan kecerdasan spiritual (X2) secara
simultan terhadap budaya religius sekolah (Y) adalah sebesar 43,1 %.
Collections
- Islamic Education [862]