Studi Komparasi Pengelolaan Dana Zakat Bidang Pendidikan Pada Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Dan Rumah Yatim Di Yogyakarta
Abstract
Permasalahan pendidikan masih terjadi hingga kini, seperi halnya putus sekolah
dan juga kesejahteraan guru honorer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengidentifikasi perbandingan pengelolaan dana zakat untuk pendidikan
khususnya untuk anak yatim pada lembaga amil zakat Yatim Mandiri dan Rumah
Yatim di Yogyakarta diharapkan dengan pengelolaan yang baik dapat membantu
menyelesaikan permasalahan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif deskriptif untuk menjelaskan tentang perbandingan pengelolaan zakat
pada bidang pendidikan. Hasil dari penelitian ini adalah Yatim Mandiri lebih
unggul dari segi jumlah program pendidikan yang berjalan sedangkan Rumah
Yatim hanya ada 3 program pendidikan, karena dengan jumlah program yang
lebih banyak, pastinya lebih banyak yang merasakan manfaatnya . Untuk Yatim
Mandiri juga memiliki perbedaan terkait penerima dana zakat untuk pendidikan
jika Yatim Mandiri semua ditujukan untuk anak-anak yatim dan dhuafa,
sedangkan Rumah Yatim menyalurkan tidak hanya untuk anak-anak yatim dan
dhuafa tetapi juga untuk guru honorer yang kondisinya juga memperihatinkan
karena gaji yang didapat dibawah UMR (upah minimum regional). Jika dilihat
dari 8 golongan penerima zakat, maka untuk penerima manfaat zakat bidang
pendidikan pada kedua lembaga amil zakat antara Yatim Mandiri dan Rumah
Yatim dapat digolongkan miskin dan fĭ sabilillāh.
Collections
- Islamic Economics [827]