Show simple item record

dc.contributor.advisorFajar Fandi Atmaja, Lc., M.S.I.
dc.contributor.authorDHIMAS WIRAWAN
dc.date.accessioned2021-07-01T04:33:17Z
dc.date.available2021-07-01T04:33:17Z
dc.date.issued2021-02-22
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29872
dc.description.abstractPermasalahan pendidikan masih terjadi hingga kini, seperi halnya putus sekolah dan juga kesejahteraan guru honorer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perbandingan pengelolaan dana zakat untuk pendidikan khususnya untuk anak yatim pada lembaga amil zakat Yatim Mandiri dan Rumah Yatim di Yogyakarta diharapkan dengan pengelolaan yang baik dapat membantu menyelesaikan permasalahan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menjelaskan tentang perbandingan pengelolaan zakat pada bidang pendidikan. Hasil dari penelitian ini adalah Yatim Mandiri lebih unggul dari segi jumlah program pendidikan yang berjalan sedangkan Rumah Yatim hanya ada 3 program pendidikan, karena dengan jumlah program yang lebih banyak, pastinya lebih banyak yang merasakan manfaatnya . Untuk Yatim Mandiri juga memiliki perbedaan terkait penerima dana zakat untuk pendidikan jika Yatim Mandiri semua ditujukan untuk anak-anak yatim dan dhuafa, sedangkan Rumah Yatim menyalurkan tidak hanya untuk anak-anak yatim dan dhuafa tetapi juga untuk guru honorer yang kondisinya juga memperihatinkan karena gaji yang didapat dibawah UMR (upah minimum regional). Jika dilihat dari 8 golongan penerima zakat, maka untuk penerima manfaat zakat bidang pendidikan pada kedua lembaga amil zakat antara Yatim Mandiri dan Rumah Yatim dapat digolongkan miskin dan fĭ sabilillāh.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPengelolaanen_US
dc.subjectZakaten_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectYatimen_US
dc.subjectLaznasen_US
dc.titleStudi Komparasi Pengelolaan Dana Zakat Bidang Pendidikan Pada Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Dan Rumah Yatim Di Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM16423131


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record