Mediatisasi Dalam Ruang - Ruang Pernikahan Outdoor Pada Vendor Organizer Padekor
Abstract
Acara Pernikahan merupakan acara sosial yang tidak hanya melibatkan kedua
mempelai, namun juga melibatkan orang-orang terdekat dari kedua mempelai. Pernikahan
juga bukanlah sesuatu hal yang private, namun juga menjadi ritual tontonan bagi publik
dan negara sendiri juga ikut terlibat di dalamnya. Acara pernikahan pun telah mengalami
perubahan dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan berdasarkan tradisi, menjadi suatu
komoditas.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Padekor sebagai vendor
organizer pernikahan memediatisasi ruang dalam pernikahan outdoor. Sehingga,
mengubah bagaimana ruang-ruang dalam pernikahan telah diproduksi dan termediasi.
Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan paradigma
penelitian kritis. Peneliti memperoleh data melalui observasi dengan hadir di acara
pernikahan yang didekorasi oleh Padekor, wawancara, serta studi literature yang berkaitan
dengan penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terciptanya ruang pernikahan yang baru
yaitu outdoor ini dikonstruk oleh beberapa media tertentu melalui mediasi konten – konten
mereka yang berisikan tentang pernikahan dengan konsep dan gaya baru yaitu pernikahan
outdoor. Terdapat pengaruh dari logika media yang ada yaitu kebanyakan terdapat dari
pinterest dan instagram kemudian membuat logika kinerja padekor terbentuk sesuai apa
yang digambarkan pada media tersebut dalam membuat ruang pernikahan outdoor, dan
juga membuat logika berfikir para konsumen dan partisipan dalam membayangkan bentuk
ruang pernikahan outdoor tersebut.
Collections
- Communication [949]