Analisis Pengaruh Pengetahuan tentang Produk terhadap Sikap Penggunaan Internet Banking (Studi Kasus pada Bank BCA di Yogyakarta)
Abstract
Internet banking merupakan layanan transaksi keuangan berbasis online yang saat ini
semakin banyak digunakan oleh nasabah. Meski demikian, sebagian orang masih ragu
untuk menggunakan layanan internet banking karena alasan keamanan. Penelitian
bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan dan sikap
terhadap layanan internet banking pada nasabah Bank BCA wilayah Yogyakarta.
Peneliatan ini menggunakan metode kuantitatif dengan responden sebanyak 259 orang
yang ditentukan melalui teknik Convenience Sampling. Data primer dikumpulkan
dengan menggunakan kuesioner berskala Likert yang telah melalui uji Validitas &
Reliabilitas. Selanjutnya, analisis data dilakukan dengan metode Structural Equation
Modeling (SEM) pada program AMOS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Kecenderungan untuk percaya (X1) memiliki pengaruh signifikan positif terhadap
Kepercayaan terhadap internet (Y1), serta berpengaruh signifikan negatif terhadap
Persepsi risiko internet banking. Keakraban dengan internet (X2) memiliki pengaruh
signifikan positif terhadap Kepercayaan terhadap internet (Y1), dan signifikan negatif
terhadap Persepsi risiko internet banking (Y2). Adapun Kepercayaan terhadap internet
(Y1) memiliki pengaruh signifikan positif terhadap Sikap terhadap internet banking
(Z), sedangkan Persepsi risiko internet banking (Y2) memiliki pengaruh signifikan
negatif terhadap Sikap terhadap internet banking (Z). Penelitian selanjutnya disarankan
untuk mengkaji variabel lain yang mempengaruhi sikap dan keprcayaan nasabah
terhadap layanan internet banking, yang diperkuat dengan teknik wawancara secara
langsung.
Collections
- Master of Management [408]