“Pengaruh Pelayanan Online, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dalam penggunaan layanan jasa Bukalapak pada masyarakat di Yogyakarta”
Abstract
Seiring berkembangnya teknologi dari zaman ke zaman, tentunnya memberikan dampak yang beragam kepada masyarakat di seluruh dunia, begitupula dengan kemudahan yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Berbelanja dan aktivitas jual beli lainnya kini dapat dilakukan secara online dan tanpa harus beranjak dari tempatnya untuk pergi ke Toko, Mall dan sebagainya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelayanan online, hara dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Bukalapak. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah para pengguna aplikasi Bukalapak diseluruh Indonesia, sedangkan sampel yang digunakan ialah masyarakat Yogyakarta yang sekaligus menggunakan aplikasi Bukalapak. Data yang digunakan pada penelitian ini ialah data primer dari pengumpulan responden yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner online kepada 153 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan mengikuti teori Roscoe, 1975. Analisis yang dilakukan menggunakan metode Analisis Regresi Berganda dan diolah dengan program aplikasi SPSS versi 22.
Data variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel pelayanan online, harga, kualitas produk dan kepuasan pelanggan. Variabel-variabel tersebut membantuk 4 hipotesis. Hasil dari analisis data menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan variabel pelayanan online, harga terhadap kepuasan pelanggan dan tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, dan pelayanan online, harga dan kualitas produk secara simultan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan.
Collections
- Management [4703]