PENGARUH LABEL HALAL DAN PROMOSI DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA BALE BEBAKARAN KALIURANG YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh label halal
terhadap keputusan pembelian konsumen Bale Bebakaran Kaliurang Yogyakarta (2)
Pengaruh promosi digital terhadap keputusan pembelian konsumen Bale bebakaran
Kaliurang Yogyakarta (3) Pengaruh secara bersama label halal dan promosi digital
terhadap keputusan pembelian konsumen Bale Bebakaran Kaliurang Yogyakarta. Pada
penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif, data primer yang digunakan
yaitu data yang disebarkan melalui kuisioner kepada 100 responden yang sesuai dengan
karakteristik yang telah ditentukan. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Bale
Bebakaran Kaliurang Yogyakarta. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik
non probability sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis regresi
linear berganda dimana sebelumnya dilakukan. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan
mendapat kesimpulan bahwa dari hasil uji t (parsial), bahwa variabel label halal berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Sig sebesar (0.000 < 0,05),
variabel promosi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
dengan nilai Sig sebesar (0.000 < 0,05). Hasil uji f (simultan) dalam penelitian ini, bahwa label
halal dan promosi digital berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai (0,000 < 0,05). Dalam
penelitian ini hasil dari koefisien determinasi (R2 ) dengan nilai 0.483 atau 48,3%. Hal tersebut
menunjukan pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 48,3% dan
sisanya sebesar 51,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian
ini.
Collections
- Islamic Economics [823]