LAPORAN TUGAS AKHIR PRAKTEK BISNIS KOST PUTRI EKSKLUSIF HAFISA 2 : TINJAUAN ASPEK PEMASARAN
Abstract
Kebutuhan tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi
oleh setiap manusia. Dalam pemenuhannya dapat dilakukan dengan cara menyewa,
baik rumah secara utuh maupun hanya 1 petak kamar. Dari latar belakang tersebut,
muncul peluang bisnis persewaan kamar yang dapat memperoleh penghasilan yang
cukup menjanjikan. Kost Putri Eksekluisf Hafisa 2 yang berlokasi di Jl. Peleman, RT
04, Dk II Gatak, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul
didirikan sebagai pengembangan kost yang sudah ada dalam rangka memanfaatkan
peluang yang ada. Kost yang berada di tengah-tengah beberapa perguruan tinggi
terkemuka di Yogyakarta serta beberapa instansi dan Rumah sakit ini didirikan tahun
2019 dan mulai beroperasi penuh pada tanggal 01 Januari 2020.
Ditinjau dari beberapa aspek yang bersifat umum seperti aspek Sumber Daya
Manusia, Aspek Operasional dan Aspek Keuangan, secara garis besar pengelolaan
kost ini telah memenuhi kaedah-kaedah yang ada, sehingga dalam pelaksanaannya
selama periode laporan dari ketiga aspek di atas tidak menemui kendala dan
permasalahan yang berarti dan dapat mendukung kelancaran operasional kost ini.
Sedangkan dari Aspek Pemasaran yang menjadi topik pembahasan, masih
terdapat beberapa permasalahan yang timbul dan memerlukan penanganan serta
penyempurnaan dalam pelaksanaan operasional ke depannya. Beberapa
permasalahan yang timbul antara lain : penetapan segmen dan target pemasaran,
permasalahan fasilitas dan layanan kost, penetapan strategi harga, serta strategi
vii
promosi yang meliputi kelengkapan metode pemasaran/iklan secara konvensional,
kelengkapan metode pemasaran secara on line dan penerapan promosi
penjualan/diskon yang belum optimal.
Permasalahan-permasalahan dari aspek pemasaran tersebut di atas, telah
dilakukan penyesuaian, penyelesaian dan penyempurnaan dalam pelaksanaan dan
perencanaan ke depannya. Langkah-langkah penyelesaiannya yang diambil didukung
dengan teori-teori pemasaran yang sesuai sehingga dapat diperoleh langkah
penyelesaian yang terarah dan efektif. Adapun langka-langkah yang diambil dan
direncanakan sebagai berikut :
1. Menyesuaikan segmentasi dan target pasar sesuai dengan realisasi pencapaian,
yang dapat memberikan lebih besar peluang dan keuntungan bisnis.
2. Mempertahankan kualitas fasilitas dan layanan sesuai dengan yang direncanakan
serta penetapan strategi harga yang fleksible untuk mendapatkan hasil yang
optimal.
3. Dari aspek promosi, melengkapi metode pemasaran secara konvensional yang
sduah dilakukan, mempertimbangkan pemasaran on line berbayar dan premium
untuk mendapatkan fasilitas yang lebih baik dalam hal pemasaran untuk
mengantisipasi persaingan yang semakin ketat serta tetap memberlakukan
program-program promosi penjualan yang kreatif dan efektif sebagai daya tarik
dan membentuk loyalitas konsumen.
Collections
- Master of Management [408]