Fasilitas Produksi, Promosi dan Transaksi Musik di Kawasan Komersial Yogyakarta
Abstract
Selain sebagai (kota pelajar, Yogyakarta dikenal juga sebagai kota
budaya, yang tentunya tidak, terlepas dan kesenian berupa seni musik; Yang
terdiri dari berbagai kelompok, kesenian, antusiaisme masyarakat Yogyakarta
terhadap seni musik, tercermin dan banyaknya group-group music yang secara
bergantian mengadakan konser-konser dalam berbagai event. Dari banyaknya
group musik yang ada di Yogyakarta, hanya beberapa group saja yang berhasil
meniti karier sampai tahap puncak yaitu sampai pada tarap rekaman dan
pemasaran album, hal ini terjadi karena tidak adanya fasilitas produkSi dan
pemasaran album yang mewadahi aspirasi masyarakat dan para musisi Yogyakarta.
Sebuah fasilitas produksi, promosi dan transaksi music sangat dituntut
keberadaanya di Yogyakarta, dengan pertimbangan jenjang karier musisi
Yogyakarta ke tingkat rekaman dan pemasaran album. Mengingat fasilitas
produksi, promosi dan transaksi musik, merupakan fasilitas komersial, maka
keberadaannya harus berada pada jantung perekonomian Yogyakarta.
Dengan pertimbangan luasan lahan yang terbatas pada kawasan
komersial tersebut, maka perlu dituntut efisiensi fungsi ruang luar dan dalam
untuk memenuhi efektifitas kegiatan produksi, promosi dan transaksi musik, hal ini dimaksudkan untuk, menekan biaya, tenaga dan waktu hingga sekecil-kecilnya. Penampilan fasade harus dipertimbangkan untuk menarik perhatian
para konsumen. Selain harus menarik, bangunan tersebut juga harus dapat
memberikan informasi tentang fungsi bangunannya, sehingga dapat
berkomunikasi dengan orang yang melihatnya. Karena pada dasarnya ungkapan
bentuk,bangunan merupakan gambaran dan fungsi bangunan tersebut.
Collections
- Architecture [3658]