Rebranding D’Emmerick Hotel Salatiga“One Stop Staying Hotel” dalam Merubah Citra Hotel
Abstract
Hidaya, Annisa Khoiruni.(16321023). Rebranding D’Emmerick Hotel Salatiga“One Stop Staying Hotel” dalam Merubah Citra Hotel. (Skripsi Sarjana). Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia, 2020.
Penelitian ini membahas mengenai rebranding yang dilakukan oleh d’Emmerick Hotel Salatiga untuk membentuk citra baru perusahaan. Menyampaikan adanya berbagai macam perubahan kepada khalayak melalui beberapa tahap dan proses rebranding serta pengenalan kembali untuk membangun citra yang sempat menurun terbentuk di benak masyarakat. Maka dari itu dapat dirumuskan pertanyaan “Bagaimana (proses atau tahapan) Rebranding yang di lakukan d’Emmerick Hotel Salatiga “One Stop Staying Hotel” dan faktor pendorongnya untuk merubah citra hotel.
Penelitian ini menggunakan dasar teori yaitu komunikasi pemasaran, komunikasi pemasaran pariwisata, brand, rebranding, dan konsep citra merek. Metode yang digunakan yaitu pendekatan diskriptif kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dilanjutkan wawancara serta dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan temuan rebranding yang dilakukan d’Emmerick Hotel Salatiga untuk merubah citra hotel, perubahan pada nama hotel, nama wahana, disertai launching 5 wahana baru, desain interior dan eksterior, icon pendukung identitas rebranding, dan terbentuk citra baru. Rebranding dengan beberapa proses tahapan, 1) Repositioning 2) Renaming 3) Redesaining 4) Relaunching. Aktivitas pemasaran rebranding hotel yaitu dengan mengadakan event menghadirkan guest star dan acara sosial masyarakat. Pemasaran melalui periklanan di media massa TV, Radio, Media sosial, direct marketing dengan salles call melalui email, surat, telephone, sales promotions, personal selling, pemasaran interaktif melalui Website, Instagram, Facebook, hubungan masyarakat serta publisitas. Hal tersebut mendukung kesuksesan dan keberhasilan rebranding dalam merubah citra hotel.
Collections
- Communication [943]