Dampak Kredibilitas, Kualitas, dan Kuantitas e-WOM pada Pengguna Platform YouTube terhadap Niat Beli Produk Maybelline (Studi Kasus : Mahasiswa Program Studi Manajemen FBE UII Pengguna Platform YouTube)
Abstract
Word of mouth (WOM) sering dipahami sebagai opini dari individu/kelompok tentang suatu produk yang dibuat secara online. Di situs web e-commerce disebut sebagai EC-e-WOM, sedangkan ulasan online di media sosial disebut sebagai SM-e-WOM. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis e-WOM yang mempengaruhi niat beli konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Manajemen FBE UII pengguna platform Youtube. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 responden yang berstatus sebagai mahasiswa Manajemen FBE UII angkatan 2016-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang disebar secara online.Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner online. Metode analisis menggunakan Partial Least Square (PLS) yang terdiri dari inner model dan outer model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kredibilitas e-WOM, kualitas e-WOM, dan kuantitas e-WOM berdampak secara positif terhadap niat beli konsumen.
Collections
- Management [4527]